Balap Motor

Konsep Fairing Baru KTM, Belum Tunjukkan Efek Besar

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 04 May 2017 17:35 WIB
ktm
Konsep <i>Fairing</i> Baru KTM, Belum Tunjukkan Efek Besar
?KTM fairing concept di MotoGP. Autosport

Metrotvnews.com: Produsen MotoGP mengembangkan fairing aerodinamis sebagai pengganti penggunaan winglet yang dihapuskan pada tahun ini. Tujuannya untuk mengatasi aerodinamis motor. 

Pembalap KTM, Bradley Smith mengatakan, fairing depan baru yang diperkenalkan oleh KTM untuk motor MotoGP di Austi, merupakan konsep yang menjanjikan dan berbeda dengan winglet atau sayap yang Ia gunakan di Yamaha.

"Masalah terbesar dengan sepeda motor kami adalah wheelie yang cukup banyak. Ini untuk menjaga roda depan tetap berada di tanah, seperti fungsi winglet sebelumnya," kata Smith.

Seperti dikutip dari Autosport, KTM adalah satu-satunya merek yang tidak dikenakan pembatasan jumlah fairing yang berbeda pada motor balapnya, dan menjadi yang terakhir untuk mencoba variasi di RC16.

"Kami memperoleh banyak stabilitas di trek lurus, termasuk dari terjangan angin. Itu benar-benar efektif dan saya merasa banyak perubahan yang terjadi. Meski efeknya belum terlihat signifikan, namun perlahan kami sudah lebih percaya diri," tambah Smith.

Sebelum balapan di seri Austin, KTM mencoba fairing baru dengan test rider Mika Kallio di Mugello, dan Smith mengatakan itu tidak mempengaruhi cara mereka meraih hasil terbaik, karena fokus komponen pengganti winglet ini hanya fokus di zona aerodinamika. Sementara winglet sudah mampu membantu sistem kontrol traksi bekerja dengan baik.


(UDA)