Motor Baru

Viar Resmi Kenalkan Skuter Listrik Q1

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 07 Jun 2017 08:52 WIB
motor listrik
Viar Resmi Kenalkan Skuter Listrik Q1
Viar Q1 dirilis dengan pengembangan bersama Bosch dan UGM. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa banyak desas-desus akan kehadiran skuter listriknya, PT Triangle Motorindo (TM), produsen motor merek Viar secara resmi merilis Viar Q1 kemarin malam, 6 Juni 2017. Q1 dihadirkan sebagai solusi transportasi perkotaan ramah lingkungan.

Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, perusahaan bermarkas di Sunter, Jakarta Utara tersebut menghadirkan Q1, sebagai skuter listrik pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan surat-surat legalitas seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Kehadiran Q1 merupakan inovasi baru yang dihadirkan untuk mendukung program pemerintah mengurangi dampak pemanasan global. Skuter listrik ini merupakan hasil pengembangan bersama Bosch dan Universitas Gadjah Mada (UGM)," kata Ignatius Kartiman, Presiden Direktur TM.

Peran Bosch terhadap Q1 yakni menyediakan komponen driving system (tenaga penggerak). Sedangkan UGM berperan dalam kelanjutan pengembangan Q1 sebagai e-scooter pintar. Hadirnya skuter listrik ini juga didukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana serta Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Viar Q1 memiliki tenaga 800 watt (1,08 daya kuda), dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam, serta kemampuan jelajah hingga 60 kilometer. Capaian bisa diraih tergantung bobot dan kondisi jalan.

Dibutuhkan waktu pengisian baterai anatra 5-7 jam, dengan usia pakai hingga 800 kali isi ulang. Viar Q1 ditawarkan dengan harga Rp16,2 juta, on the road Jabodetabek. Selain bisa dibeli di jaringan dealer Viar, juga bisa lewat toko online Blibli.com.


(UDA)