Balap Motor

Yamaha Bakal Ubah Regulasi YSR Kelas Komunitas

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 17 Sep 2017 14:59 WIB
balap motor
Yamaha Bakal Ubah Regulasi YSR Kelas Komunitas
Para pembalap YSR kelas komunitas semakin cepat ditiap serinya. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Bogor: Catatan waktu peserta kelas komunitas Yamaha Sunday Race (YSR) 2017 semakin tajam tiap serinya. Hal ini membuat pihak Yamaha akan mengubah regulasi balap untuk YSR tahun depan.

"Saya ada kritik sedikit untuk rekan-rekan komunitas karena time ini semakin tajam terus, jadi perlu ada perubahan regulasi untuk tahun depan," kata M. Abidin, GM After Sales & Publi Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Hal ini diamini Kadek Suma, dari Motorsport YIMM yang mengatakan regulasi akan berubah. "Iya nanti kita ajak kordinator komunitas untuk membahas regulasi ini," katanya di Sirkuit Sentul, Bogor hari ini.

Kadek menambahkan, pihaknya akan memberikan base regulasi yang nantinya bisa diubah dan disepakati oleh komite racing komunitas. "Perubahan ini nantinya berlaku untuk kelas R25 dan R25 komunitas," lanjut Suma.

Saat ini kelas R25 Community B banyak diminati komunitas, dengan starter yang mendominasi setiap serinya. Sayangnya kelas ini mulai 'mahal' karena regulasi yang lebih longgar dan lebih bebas menggunakan komponen aftermarket merek ternama, yang pastinya harganya juga mahal.

Jika melihat komitmen Yamaha menghidupkan dunia balapan yang terjangkau, penggunaan komponen aftermarket ini sepertinya bakal jadi fokus utama. Terutama untuk membuat skill para pembalap lebih terlihat. Artinya, tidak bermain di performa terbaik motor.


(UDA)