Motor Baru

Kupas Kecanggihan Skutik Gambot Yamaha, Tmax DX

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:02 WIB
yamaha
Kupas Kecanggihan Skutik Gambot Yamaha, Tmax DX
Yamaha Tmax DX sudah terjual 40an unit. MTVN/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Yamaha Tmax DX sudah diluncurkan pada Jumat, 1 Desember 2017 lalu di The Lodge Maribaya, Bandung. Motor ini dilengkapi sejumlah fitur unggulan, yang bahkan tak ada di model sebelumnya.

Pertama ada cruise control, fungsi fitur ini untuk kenyamanan pengguna saat berkendara jarak jauh. Laju motor bisa tetap konstan tanpa harus memelintir tuas gas terus menerus.

Fitur ini bisa digunakan saat laju motor minimal 50 km/jam. Meski tuas gas masih model kabel, namun di bagian throttle body terdapat komputer yang akan menjaga kecepatan motor. 

Cara kerjanya, tinggal pengendara mencapai kecepatan yang diinginkan, dan aktifkan fitur ini, maka motor akan melaju otomatis. Fitur ini akan non aktif saat tuas rem ditekan.

Kemudian penghangat di bagian jok dan handgrip, ini berfungsi mencegah tangan dan bokong kedinginan. Namun saat diaktifkan, jok dan handgrip tak langsung hangat, karena butuh waktu sekitar lima menit.

Lalu pengaturan windscreen otomatis, yang bisa disesuaikan kondisi cuaca. Tak ketinggalan traction control, rem dengan anti-lock braking system dan dua mode berkendara.

Kemudian sasis skutik ini bukan lagi full alumunium, namun sudah dipadu dengan resin. Alumunium di sasis bagian depan, dan belakang (sub frame) berbahan resin, agar bobot lebih ringan.

Meski pun menggunakan mesin yang sama dengan kapasitas 530 cc, tenaga yang dihasilkan justru dipangkas. Yamaha Tmax DX 2017 kini hanya mampu menghasilkan power sebesar 45,3 hp pada 6.570 rpm. Sedangkan pendahulunya bertenaga 45,8 hp pada 6.570 rpm.

Sementara torsi maksimum Yamaha Tmax DX justru meningkat pada generasi terbarunya. Sebelumnya hanya 52,3 Nm pada 5.250 rpm menjadi 53.0 Nm pada 5.250 rpm. Ubahan tersebut sejatinya akan membuat akselerasi kendaraan semakin beringas.

Soal harga, motor ini berbanderol Rp300 jutaan dan berstatus CBU dari Jepang. Ada yang berminat?


(UDA)