Industri Otomotif

Pemerintah Minta Produsen Sepeda Motor Tingkatkan Ekspor

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 02 Nov 2016 11:50 WIB
industri otomotifimos 2016
Pemerintah Minta Produsen Sepeda Motor Tingkatkan Ekspor
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat buka IMOS 2016. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah terus berupaya mendorong produsen otomotif nasional khususnya sepeda motor, untuk melakukan terobosan dan berinovasi. Dengan begitu pemerintah yakin produsen otomotif di tanah air dapat menembus ekspor pasar global.

Sebagai awalan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, meminta pihak swasta serta pemerintah agar bersinergi agar terjadi akselerasi peningkatan ekspor. Termasuk dengan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

"Pasar sepeda motor di Indonesia mencapai angka 6 juta unit per tahun. Oleh karena itu, ekspor yang mencapai 300 unit per tahun (5 persen) masih tergolong kecil pada saat ini," Kata Airlangga Hartarto saat menghadiri Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016, di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (22/11/2016).

Pemerintah berharap angka ekspor sepeda motor yang saat ini 5 persen dapat tembus mencapai 20 persen pada tahun depan. Menurut Airlangga, peningkatan ekspor bertujuan untuk mengantisipasi defisit perdagangan di sektor industri otomotif untuk pasar domestik. Namun, Airlangga mengingatkan satu hal. Standar kualitas dan keamanan produk untuk pasar global juga harus ditingkatkan.

“Pasar kita sudah world class. Bahkan menjadi terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India. Penggunaan Euro 3 di sepeda motor diharapkan bisa terus ditingkatkan ke depannya," tutup pria berusia 54 tahun itu.


(HIL)