Sosialisasi Tata Tertib Berlalu Lintas kepada Anak-anak Terus Digelar

Ekawan Raharja    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:19 WIB
kampanye keselamatan lalu lintas
Sosialisasi Tata Tertib Berlalu Lintas kepada Anak-anak Terus Digelar
Sebanyak 60 siswa-siswi kelas 2 dan 3 mendapatkan materi pengenalan rambu-rambu lalu lintas

Metrotvnews.com, Jakarta: Sosialisasi tata cara berlalu lintas yang baik dan aman terus dilakukan semua pihak. Bahkan sosialisasi ini sudah dilakukan ke anak-anak.

"Anak kecil memiliki daya ingat yang lebih kuat dari orang dewasa. Sehingga saat nanti mereka beranjak dewasa akan selalu ingat tata cara berlalu lintas yang baik, benar, dan aman," ujar Anggota Dikyasa Satlantas Wilayah Jakarta Timur Polda Metro Jaya, Aiptu Sanusi, di Taman Lalu Lintas Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (25/11/2016).

Hal ini kemudian yang melandasi Total Oil Indonesia membuat program Keselamatan Berlalu Lintas. Mereka menggandeng para pelajar, baik tingkat SD, SMA, hingga mahasiswa untuk ikut kegiatan.

"Tingginya angka kecelakaan di Indonesia membuat kita memiliki perhatian di sektor ini. Kita ingin menanamkan tata cara berlalu lintas yang tertib dan aman sedari dini," ujar HSEQ Manager PT Total Oil Indonesia, Yordi Subekti.

Sebagai gambaran, tercatat hampir 27 ribu orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas pada 2016. Mayoritas melibatkan kecelakaan sepeda motor. Angka ini terbilang menurun pada 2014. Kala itu, korban meninggal akibat lalu lintas hampir 29 ribu.

Koprs Lalu Lintas (Korlantas) Polisi Republik Indonesia (Polri) juga menyebutkan terdapat 3-4 korban meninggal per jam akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Jika dihitung dalam sehari, maka sekitar 70-80 orang meninggal.

Total Oil sudah mengadakan program Keselamatan Berlalu Lintas sebanyak lima kali dari periode April-November 2016. Mereka mengajak para pelajar dari SMAN 29, SMA Marsudirini Bekasi, Universitas Pancasila, dan Universitas Mercu Buana Jakarta untuk ikut kegiatan safety riding.

Untuk seri kelima, mereka mengundang SD Al Jannah Jakarta. Sebanyak 60 siswa-siswi kelas 2 dan 3 mendapatkan materi pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan tata cara menyeberang jalan yang baik dan benar.

Kegiatan seperti ini sebetulnya sudah dilakukan oleh beragam pihak. Di antaranya oleh para agen pemegang merek (APM) motor seperti Honda dan Yamaha, serta APM mobil Chevrolet
(HIL)