Tips Knowledge

Pilih Footstep Aftermarket Sesuai Standar Keselamatan

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 01 Aug 2018 07:54 WIB
tips knowledge
Pilih <i>Footstep Aftermarket</i> Sesuai Standar Keselamatan
Pilih footstep lipat atau permanen yang sesuai dengan standar keselamatan. Medcom.id/A. Harry Budiawan

Jakarta: Footstep atau pijakan kaki pada sepeda motor kerap kali diabaikan oleh para biker ketika kondisinya sudah aus atau rusak. Memang jika dilihat dari fungsinya, komponen ini terlihat sepele, hanyalah dudukan telapak kaki untuk rider atau pun yang dibonceng.

Namun jika Anda perhatikan keberadaan footstep tidak cuma berfungsi sebagai dudukan telapak kaki, tapi juga sebagai fitur kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, bahkan sangat penting untuk membantu biker menjaga keseimbangan saat bermotor. 

Menurut Yosi yang buka bengkel Bangbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, pijakan kaki motor yang sudah aus membuat performa motor kurang optimal. Hal terburuk bisa mengancam keselamatan perjalanan Anda.

"Jangan lupakan hal-hal seperti ini, ketika hujan datang tidak hanya membuat kondisi jalan jadi licin, namun pijakan kaki yang sudah aus atau tak layak pakai berpotensi membuat kaki terpeleset saat pengereman atau berpindah kopling," terang Yosi, saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Tak sedikit biker yang baru mengganti pijakan kaki pada motornya apabila memang benar-benar sudah rusak parah atau patah, dan menggantinya dengan barang yang seadanya tidak sesuai standar keselamatan bawaan aslinya, atau barang aftermarket.

Memang tak ada salahnya mengganti pijakan motor menggunakan komponen aftermarket. Namun perlu diketahui, pilihlah yang sesuai dengan standar keamanan, jangan membeli hanya karena bentuknya lebih bagus. Hal itu bahkan mengancam keselamatan saat berkendara dijalan raya. "Boleh saja ganti footstep aftermarket, tapi pilih yang aman dan nyaman ketika digunakan dan sesuai fungsinya."

Yosi pun menyarankan, untuk menggunakan footstep yang berbahan karet agar tidak licin ketika terkena air dan utamakan gunakan buatan pabrikan resmi. Pilih yang mempunyai bidang alas untuk pijakan kaki yang sedikit lebar. Kemudian hindari penggunaan alas untuk pijakan kaki yang berbahan besi, untuk menghindari benturan terhadap kaki jika berkendara.


(UDA)