Aksesoris Otomotif

Tire Sealant Tolerir Ban Sobek hingga 8 Milimeter

Ahmad Garuda    •    Senin, 17 Jul 2017 17:51 WIB
aksesoris otomotif
<i>Tire Sealant</i> Tolerir Ban Sobek hingga 8 Milimeter
Tire sealant harusnya mampu bekerja optimal, maksimal panjang sobek di ban adalah 8 milimeter. Motorciclistonline

Metrotvnews.com, Jakarta: Ban mengalami bocor di jalan raya, sudah lumrah. Kini cairan anti bocor atau tire sealant yang biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya bocor ban di jalan raya, pun dirasakan cukup membantu. Tapi wajib Anda tahu, tidak semua bocor atau sobek ban bisa diatasi cairan itu.

Menurut Marketing Director PT Tetsan - Maju Bersama, Philip Buulolo sebagai produsen tire sealant merek IML, bahwa tingkat toleransi ban sobek yang bisa dilindungi cairan pengaman dalam ban ini hanya sekitar 8 milimeter.

"Memang ada beberapa tipe ban sobek yang kategorinya memang kita rasakan cukup besar. Tapi kami menegaskan bahwa ada toleransi yang cukup besar untuk tipe ban yang tertusuk benda tajam. Maksimal adalah 8 milimeter, kami masih bisa pastikan aman. Tapi di atas itu akan sulit, apalagi tipe sobeknya tidak beraturan, misalnya melengkung atau membentuk huruf U dan L," klaim Philip.

Kalau kondisi sobeknya memang cukup parah seperti yang disebutkan Philip, mau atau tidak, jika ban masih sangat layak pakai, satu-satunya cara adalah menggunakan cara tambal ban tubeless. Namun jika bocor karena sobek di bawah 8 milimeter, maka itu bisa masih bisa diatasi dengan tire sealant.

Masalah selanjutnya yang cukup banyak dikeluhkan tentang daya tahan tusukan paku yang sudah tertutup dengan tire sealant. Philip menegaskan bahwa khusus untuk brand yang Ia bawahi, mereka siap menjamin kualitas.

Tire sealant harus mampu melindungi ban sepanjang masa pakainya.

"Kami bekerja sama dengan beberapa brand bahkan hingga TNI pun kami memberikan jaminan terhadap kendaraan operasional mereka. Hingga sekarang ban yang mereka pakai untuk melakukan pengetesan saat itu, terbilang cukup aman mereka gunakan hingga saat ini. Kami juga tak ingin bertaruh, jika hasilnya tak memuaskan."

Philip melanjutkan bahwa usia tambalan tire sealant seharusnya mengikuti usia pemakaian ban. Karena itu adalah tugas dari tire sealant yang sebenarnya.


(UDA)