Motor Baru

Yamaha XMax Lokal dan Ekspor, Spek Mengikuti Regulasi

Ahmad Garuda    •    Rabu, 19 Apr 2017 18:14 WIB
yamaha
Yamaha XMax Lokal dan Ekspor, Spek Mengikuti Regulasi
Yamaha resmi memproduksi XMax versi global. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Yamaha resmi memproduksi dan mengekspor Yamaha XMax untuk versi ekspor di pabrik yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur. Namun versi ekspor XMax ini, takkan sama persis dengan XMax yang dijual di pasar nasional. Lantaran terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Dari penjelasan yang diberikan General Manager Service & Motorsport, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin, bahwa ada beberapa hal yang mereka sesuaikan untuk negara tujuan.

"Ada beberapa pembeda untuk memberikan penyesuaian. Ini dilakukan agar produk kita bisa diterima pasar global. Pembedanya adalah kapasitas mesin jadi 300 cc, ini seperti halnya saat kami ingin mengekspor Yamaha YZF-R25, di luar namanya jadi R3 karena jadi 300 cc. Kemudian ada juga teknologi proses bahan bakar yang sudah memenuhi syarat emisi gas buang Euro4," klaim Abidin.

Pria ramah itu melanjutkan bahwa pembeda berikutnya adalah jumlah warna yang dipasarkan untuk versi ekspor ini hanya tiga warna saja. "Kalau di Indonesia ada warna khusus yaitu kuning dan tidak kami bawa ke pasar luar," ujar Abidin.

Ada pun warna khusus untuk pasar ekspor yang dimaksud Abidin adalah matte dark grey yang jadi warna utama, lalu ada matte grey metallic dan white metallic. Sementara untuk pasar Indonesia ada satu warna khusus yaitu yellow metallic.

Meski ada perbedaan cukup signifikan untuk sektor dapur pacunya yaitu berbeda 50 cc, namun Abidin menjamin bahwa semua bagian yang lain tak ada yang berubah. Artinya, kualitas produk yang mereka tawarkan di sana, sudah memenuhi kualitas yang diinginkan pasar global.


(UDA)