Industri Otomotif

Honda dan Hitachi Pastikan Kerja Sama Riset Motor Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 07 Jul 2017 12:47 WIB
honda motor
Honda dan Hitachi Pastikan Kerja Sama Riset Motor Listrik
EV-Cub disebut akan jadi produk motor listrik perdana Honda. Visordown

Metrotvnews.com: Pada Februari lalu Honda dan perusahaan elektronik Hitachi mengumumkan rencana untuk membuat kendaraan listrik, hasil kerja sama keduanya. Kini rencana tersebut akan semakin mendekati kenyataan.

Keduanya diketahui mendirikan Hitachi Electric Motor System, perusahaan ini bertugas mengembangkan dan membangun motor untuk kendaraan listrik dan komponen perangkat keras lainnya.

Menariknya perusahaan ini tak hanya membuat motor untuk Honda saja, tapi juga dijual kepada pabrikan otomotif lain yang menginginkannya. Hitachi Automotive System sahamnya dimilik 51 persen oleh Hitachi dan Honda 49 persen.

Investasi sebesar 5 milyar yen atau lebih dari Rp591 milyar, digelontorkan kedua perusahaan raksasa tersebut. Honda bahkan berani mengkonfirmasi motor listrik mereka bakal hadir tahun depan.

Motor listrik pertamanya diyakini EV-Cub, sebuah motor konsep tipe bebek dengan desain mirip Honda C70. Motor ini muncul pertama kali tahun 2009 dan muncul beberapa kali pada tahun-tahun berikutnya dengan sejumlah modifikasi.

Itu berarti butuh sembilan tahun sejak kemunculan EV-Cub berproses dari wujud motor konsep menjadi motor produksi massal. Dengan kehadiran EV-Cub kelak, tentu banyak yang berharap ada superbike listrik Honda, karena mereka pernah menghadirkan sosoknya lewat Honda RC-E Concept.


(UDA)