Recall Motor

Recall Konyol Yamaha YZF-R3 di Amerika dan Kanada

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 20 Jul 2017 20:00 WIB
yamaha
<i>Recall</i> Konyol Yamaha YZF-R3 di Amerika dan Kanada
Motor ini merupakan produksi Yamaha Indonesia. Motorcycle

Metrotvnews.com: Recall biasanya dilakukan pabrikan otomotif berkaitan dengan komponen yang rusak, cacat pabrik atau penggantian part untuk mencegah resiko di masa yang akan datang. Tapi recall kali ini agak berbeda.

Dituliskan Motorcycle, Yamaha Amerika dan Kanada melakukan recall untuk masing-masing 40 unit motor YF-R3 model 2017. Bukan karena kesalahan pada unit motor, tapi kali ini karena kesalahan staf pabrik.

Kesalahan tersebut adalah pemasangan label sertifikasi yang tertukar antara kedua negara tersebut. Disebutkan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), label untuk kedua negara itu tertukar.

Yamaha di kedua negara itu pun harus melakukan recall yang konyol karena masalah ini. Ternyata memang ada beda antara label sertifikasi, untuk Kanada tersedia dalam dua bahasa, Inggris dan Prancis.

Meski kesalahan kecil, ada masalah lainnya yakni ketidaksamaan nomor yang tertulis pada label tersebut, dengan nomor pada rangka dan mesin motor. Ini akan menyulitkan pemilik jika hendak mengasuransikan atau menjual motornya kelak.

Pihak Yamaha pun hanya melepas label sertifikasi yang salah, dan menggantinya dengan yang sesuai. Ada pun 80 unit motor tersebut dirakit di Indonesia, sesuai yang tertulis pada label.


(UDA)