Teknologi Otomotif

Mengenal Sistem Keyless Ignition System di Sepeda Motor

Ekawan Raharja    •    Minggu, 29 Jul 2018 11:05 WIB
teknologi otomotif
Mengenal Sistem <i>Keyless Ignition System</i> di Sepeda Motor
Teknologi KIS kini sudah mulai digunakan di sepeda motor. Suzuki

Jakarta: Beberapa sepeda motor yang ada di pasaran saat ini sudah menggunakan keyless ignition system (KIS). Teknologi ini memungkinkan sepeda motor bisa dioperasikan tanpa memerlukan kunci kontak seperti sepeda motor umumnya.

Menurut situs atau daring Suzuki, ketiadaan kunci di sepeda motor berteknologi KIS digantikan oleh remot. Sehingga cukup dengan mendekatkan remot tersebut ke sepeda motor, pengendara sudah bisa menghidupkan si kuda besi.

Sistem kerja KIS ini membaca signal dari remot, dan mengirimkan kepada dinamo starter untuk menyelakan mesin. Sistem ini hanya bisa diaktifkan jika remot dalam radius satu meter dari sepeda motor.

Jika remot di luar radius satu meter, maka sistem akan mengunci sistem starter sepeda motor. Sehingga sepeda motor tidak bisa dihidupkan, dan knob akan terkunci.

Lantas bagaimana jika remot hilang atau rusak? Pemilik cukup menggunakan nomor id yang ada di remot dan melaporkan ke dealer resmi. Nanti pihak dealer resmi akan membantu mengurus masalah di remot.

Beberapa sepeda motor baru di tanah air kini sudah menggunakan sistem KIS ini. Sebut saja Suzuki GSX-R150, All New Honda PCX, atau Yamaha Aerox. Kira-kira anda lebih suka menggunakan kunci atau sistem keyless?


(UDA)