Balap Motor

Yamaha Pertahankan Dominasi di Suzuka 8 Hours

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 30 Jul 2018 06:48 WIB
yamaha
Yamaha Pertahankan Dominasi di Suzuka 8 Hours
Yamaha lengkapi perayaan 20 tahun YZF-R1 dengan kemenangan Suzuka 8 Hours. FIMEWC

Suzuka: Pabrikan garputala kembali membuktikan dominasinya di balap ketahanan Suzuka 8 Hours, yang berlangsung hari Minggu (29 Juli 2018) kemarin. Mereka kembali menjadi juara pertama, untuk keempat kalinya secara beruntun.

Trio Alex Lowes, Michael van der Mark dan Katsuyuki Nakasuga sukses mengantarkan Yamaha Factory Racing sebagai rajanya balap ketahanan Suzuka. Meski pada akhirnya hanya Lowes dan Mark saja yang balap karena Nakasuga cedera di sesi Sabtu.

Kondisi ini dipersulit dengan cuaca yang beberapa kali turun hujan, sehingga balap sempat dikawal safety car, juga karena ada tumpahan oli. Selama dikawal safety car, sejumlah tim melakukan penggantian ban, isi bahan bakar serta penggantian pembalap.

Team Green Kawasaki yang meraih pole position dan memimpin balap terpaksa tergusur dari posisi pertama karena Jonathan Rea terjatuh lantaran masih pakai ban kering saat trek basah. Motor langsung rusak, beruntung kerusakannya tergolong minor dan masih bisa diperbaiki di pit. Posisinya pun melorot jadi ketiga.

Red Bull Honda dan Yamaha Factory Racing duel sengit, sebelumnya akhirnya van der Mark sukses mendahului rider Honda sebelum digantikan Lowes dan mengantarkan Yamaha jadi juara pertama, Red Bull Honda posisi kedua dan tim Kawasaki posisi tiga.

Meski begitu di klasemen balap ketahanan dunia, tim FCC TSR Honda berhasil jadi juara balap ketahanan, usai sang juara bertahan, GMT94 Yamaha kesulitan merangsek kebarisan terdepan, dan justru bersaing dengan Honda Asia-Dream Racing dan Moriwaki Motul Racing Honda.


(UDA)