Tips Knowledge

Isi Bensin saat Mesin Menyala, Berbahaya!

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 13 Jun 2017 19:43 WIB
tips knowledge
Isi Bensin saat Mesin Menyala, Berbahaya!
Mematikan mesin kendaraan saat mengisi BBM bisa menjauhkan dari masalah. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak sedikit masyarakat yang mengabaikan tanda larangan/himbauan, mematikan mesin kendaraan saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU). Padahal, efek menyalakan mesin saat isi BBM sangat berbahaya.

Contohnya pun sudah banyak, yaitu SPBU terbakar karena pengendara motor/mobil enggan mematikan mesinnya. Peristiwa nahas itu bisa terjadi lantaran BBM luber dan mengalir ke arah busi yang masih bekerja memercikkan api.

Berkaca dari itu, bensin yang menetes mengenai bagian busi bakal sangat berbahaya. Sebab, banyak aliran listrik ketika mesin hidup. Hal inilah yang menjadi salah satu potensi api terpercik.

"Dari koil, CDI atau ECU. Belum lagi panas mesin yang bisa jadi sumber bahaya tadi. Biasanya pengendara motor cenderung mematikan mesin. Kecuali kunci tangki atau kunci kotak sudah rusak, lain soal," kata Wawan dari bengkel Jaw's Speed kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Didit, seorang operator SPBU di bilangan Jakarta juga mengeluhkan kebiasaan buruk masyarakat. "Pengendara mobil paling sering enggan mematikan mesin. Mereka malas karena buka tangki cukup dengan tarik tuas. Mobil zaman dulu jauh lebih aman. Karena isi BBM harus turun dan buka tangki manual," katanya.

Mematikan mesin kendaraan saat mengisi BBM bisa menjauhkan dari masalah. Oleh karenanya, sudah saatnya kesadaran diri ditingkatkan agar tidak terjadi hal buruk ketika berada di SPBU.


(UDA)