Motor Baru

Yamaha XMax Versi Ekspor Resmi Diproduksi

Ahmad Garuda    •    Selasa, 18 Apr 2017 16:11 WIB
yamaha
Yamaha XMax Versi Ekspor Resmi Diproduksi
Yamaha resmi memproduksi XMax versi global. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Komitmen Yamaha Indonesia untuk memperbesar menggelar seremonial peresmian ekspor global XMAX 300 cc ke Eropa. Acara yang berlangsug pada Selasa (18//4/2017) di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung, Jakarta Timur.

Menariknya, acara ini dihadiri langsung jajaran BOD (Board of Director) dan Management PT YIMM, serta tamu undangan istimewa seperti Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan.

"Kami adalah perusahaan sepeda motor nomor satu terbesar di Indonesia dalam hal volume ekspor. Dan kami sangat bangga bisa mengekspor secara kumulatif lebih dari satu juta unit sejak tahun 1997. Tahun 2016 lalu kami dianugerahi penghargaan sebagai perusahaan yang mendapatkan penghargaan sebagai Exportir Terbaik dalam KPU (Kantor Pelayanan Umum) Bea dan Cukai Award Tipe A Tanjung Priok," ujar President Director PT YIMM, Minoru Morimoto, dalam keterangan resminya.

Kebanggaan Morimoto, juga disambut oleh I Gusti Outu Suryawirawan. Menurutnyam membesarkan pasar ekspor, juga membantu perekonomian bangsa yang lebih baik. Tak heran jika Ia mewakili pemerintah sangat mendukung hal ini.

"Industri sepeda motor Indonesia berkembang sangat pesat, produksinya juga sudah mencapai 6 juta unit per tahun. Bahkan tahun sebelumnya sempat menyentuh angka 7 juta unit per tahun. Yamaha salah satu yang cukup memperkuat produksi di Indonesia, apalagi untuk pasar ekspor."

Alasan utama Yamaha melakukan itu adalah karena mereka menginginkan bisnis ekspor yang jauh lebih besar dari saat ini. Juga sebagai langkah strategis industri untuk beradaptasi sesuai dengan global quality standard untuk produk di pasar domestik Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah Indonesia juga secara ekonomi yang memerlukan pertumbuhan ekspor lebih.

"Kami berharap tahun-tahun berikutnya, Yamaha akan terus menggenjot pasar ekspor yang semakin berkembang. Bukan hanya produknya yang diterima oleh pasar global, tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) Yamaha Indonesia juga mampu bersaing dengan SDM dari negara maju. Karena untuk memperkenalkan produk global, staff-staff ahli orang Indonesia turut berperan penting, dimulai dari proses pengujian bersama, penentuan quality standard serta edukasi SDM  dari negara-negara importir."

Lantaran ini versi ekspor untuk Eropa, maka ada beberapa spesifikasi detail yang disesuaikan. Misalnya kapasitas mesin XMax dari 250 cc versi Indonesia menjadi 300 cc dan akan dilakukan mulai bulan April 2017.


(UDA)