Tips Knowledge

Berkendara Aman di Malam Hari

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 10 Mar 2018 20:44 WIB
tips knowledge
Berkendara Aman di Malam Hari
Berkendara aman di waktu malam, waspada kondisi sekitar. Youtube

Jakarta: Aksi pembegalan yang kembali marak akhir-akhir ini, membuat banyak pemotor merasa takut kalau keluar malam. Wajar, lantaran tindak kejahatan yang dilakukan para pembegal itu selain merampas motor mereka juga tidak segan melukai korbannya.

Menanggapi kasus begal motor, salah satu anggota Reskrim Polres Tebet, Brigadir D. Kurniawan 
mengimbau kepada para pengendara untuk selalu waspada saat berkendara.

Kurniawan menjelaskan pentingnya waspada saat berkendara. Pria berambut cepak itu menyarankan saat berkendara jangan hanya melihat ke depan saja, tetapi awasi juga keadaan sekitar.

"Kalau berkendara jangan fokus ke depan saja, sekalian juga diawasi sekitarnya. Biar selalu siap jika ada kejadian apapun," tutur Kurniawan saat brbincang dengan medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pria berbadan tegap itu juga menyarankan untuk berkendara iring-iringan jika selama di perjalanan bertemu dengan pengendara lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan dibegal.

Biasanya pelaku pembegalan melakukan aksinya terhadap pengendara yang sendirian dan di tempat sepi. Kurniawan juga menambahkan jika sampai menjadi korban pembegalan, jangan pernah melawan. Biarkan saja pelaku karena pelaku tidak segan-segan untuk melukai korban.

"Kalau menjadi korban pembegalan biarkan saja motornya diambil. Kalo barang hilang bisa dibeli tapi kalau nyawa itu cuma satu," tutup Kurniawan. 


(UDA)