Safety Riding

Pakai Boks di Motor, Bisa Minimalisir Kecelakaan

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 11 Dec 2017 09:42 WIB
aksesoris otomotif
Pakai Boks di Motor, Bisa Minimalisir Kecelakaan
Boks motor berguna untuk membawa barang bawaan dengan lebih aman. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Sepeda motor merupakan alat transportasi yang mudah terlibat kecelakaan. Hanya bertumpu pada kedua roda, dan bisa melaju dengan mengandalkan keseimbangan.

Penambahan barang bawaan berlebih pada motor tentu akan memperbesar resiko kecelakaan. Terlebih meletakkan barang bawaan di jok, tangki, atau disangkutkan pada setang.

Penggunaan boks motor diklaim bisa mengurangi resiko kecelakaan karena pembawaan barang-barang tadi. Dengan kondisi yang tertutup, barang bawaan akan aman, dan tidak sampai mengganggu keseimbangan motor.

"Salah satu alasan pakai boks motor karena lebih aman, simpel, konsentrasi berkendara terjaga dan barang pun aman. Namun di Indonesia penjualan boks motor sangat kecil," kata Toni Wijaya, Sales Department PT Shad Indonesia Motoaccessory.

Kemudian hal lain adalah peraturan pemerintah, seperti pelarangan bawa barang secara terbuka di motor. "Contohnya di Singapura, mereka melarang motor membawa barang secara terbuka, makanya di sana penjualan boks motor sampai 90 persen dari total penjualan motor," lanjutnya.

Pembuat boks motor asal Spanyol ini yakin hanya masalah waktu saja. Ingat ketika pemerintah melarang penggunaan helm catok, maka masyarakat pun kini mulai paham dan beralih menggunakan helm half face atau full face.


(UDA)