Lalu Lintas

Operasi Zebra, Aman Selama Surat Lengkap dan Patuh Rambu

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 02 Nov 2017 15:30 WIB
operasi zebra
Operasi Zebra, Aman Selama Surat Lengkap dan Patuh Rambu
Operasi zebra mulai, lengkapi surat-surat dan kelengkapan kendaraan. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya akhirnya melaksanakan operasi lalu lintas dengan sandi Zebra 2017 sejak kemarin. Bagi mereka yang belum paham tentang operasi ini, cenderung ketakutan saat melihat dari jauh ada operasi besar polisi lalu lintas.

Jika perilaku Anda aman dalam berkendara dan persuratan lengkap, tak perlu takut. Pihak kepolisian hanya melakukan pemeriksaan mendalam terhadap mereka yang surat-suratnya tak lengkap dan melakukan kesalahan lalu lintas.

Sasaran razia operasi zebra ini adalah kendaraan yang melebihi kapasitas, melanggar rambu lalu lintas, dan melawan arus. Kendaraan tanpa kelengkapan Tanda Motor Kendaraan Bermotor (TNKB) juga bakal jadi sasaran.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Halim Pagarra mengatakan, program ini merupakan operasi kepolisian terpusat dan melibatkan keterpaduan fungsi dan lintas sektoral. Sebanyak 1.878 personil terlibat dalam kegiatan ini. Operasi Zebra digelar hingga 14 November 2017 mendatang, di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Muatan berlebihan dan rambu-rambu dengan tidak mengesampingkan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas lain yang kasat mata," ujarnya.

Halim berharap operasi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. Utamanya, pengguna kendaraan roda dua dan roda empat dalam mentaati aturan di jalan raya. "Dan juga menurunkan jumlah korban kecelakaan," katanya.

Sayangnya, ketertiban berlalu lintas masyarakat hanya berlangsung selama operasi yang dilakukan pihak kepolisian berlangsung. Setelahnya kondisi akan kembali seperti biasa, ini menandakan perilaku berkendara masyarakat masih jauh dari kata tertib.


(UDA)