Tips Motor

Rutin Cek Kampas Rem Motor, Cegah Cakram Baret

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 07 Nov 2016 12:08 WIB
tips motor
Rutin Cek Kampas Rem Motor, Cegah Cakram Baret
Rutin cek kampas rem motor cegah cakram caret. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda tak perlu panik jika rem depan atau belakang mengeluarkan suara  berdecit atau gesekan.  Menurut analisis Yosi, mekanik yang praktik di bengkel motor Bengbrand di kawasan Bekasi Timur, masalah itu timbul karena kondisi motor kotor.

Bunyi berdecit muncul akibat debu atau kotoran yang bergesekan di kampas rem dan tromol. Antarlogam bergesek yang menandakan kampas rem sudah habis dan telat diganti. Akibatnya, tatakan kampas rem bergesekkan dengan cakram atau tromol. Sehingga kerja rem kurang maksimal dan bisa menimbulkan baret di piringan/cakram.

Solusi mudah. Anda cukup membersihkan bagian yang kotor. Tapi jika ingin melakukan perawatan lebih detail, bersihkan perangkat kaliper cakram dari kotoran yang menempel usai terlalu lama tidak dicuci.

Segera ganti kampas rem dengan yang baru. Jangan tunggu cakram atau tromol tergerus atau rusak parah karena bisa bikin pengereman menjadi tidak maksimal akibat permukaan yang tidak rata.

Para bikers yang kurang menjaga kebersihan sepeda motor sebaiknya rutin mencuci minimal satu kali sepekan. Selain jadi kinclong, motor yang bersih bikin kinerja komponen lebih maksimal.


(HIL)