Motor Baru

Bonneville Bobber 2017, Triumph untuk Si Single

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 27 Oct 2016 15:32 WIB
motor barutriumph
Bonneville Bobber 2017, Triumph untuk Si Single
Triumph Bonneville Bobber 2017 (motorcyclenews.com)

Metrotvnews.com: Tampilan generasi terbaru Bonneville yang Triumph andalkan untuk 2017 ini sangat mengejutkan. Desainnya yang bongsor jauh berbeda dibanding pendahulunya, tapi justru lebih fenomenal dalam segala-galanya.

Triumph tetap mempertahankan gaya vintage yang menjadi ciri khas desainnya. Bedanya aura hi-tech memancar kuat dari sosok Bonneville Bobber karena penggunaan dual mode speedometer, control panel sederhana, adjustable single seater dan monoshock yang bersembunyi di bawahnya.

Sekilas pandang Bobber terlihat rigrid karena kontruksi buritannya minus sepasang shockbreaker tegak lazimnya Bonneville. Tapi bila melihat dengan cermat sadel tunggalnya, di baliknya terdapat monoshock yang dipasang rebah. Anda bisa mengatur rebound dan preload sesuai gaya berkendara sehari-hari.



Layaknya jok mobil, sadel tunggal Bonneville Bobber yang berlapis kulit dapat diatur maju dan mundur hingga delapan centimeter. Memang rentang jarak yang kecil, namun membuat menghadirkan perbedaan besar bagi pengendara menemukan posisi terbaiknya. Asyiknya ketinggian sadel bisa disesuaikan postur pengendara, paling rendah adalah 69 cm dari permukaan tanah.

Di ujung tangki kapasitas 11 liternya yang langsing, terdapat speedometer sederhana dengan tampilan data analog dan digital yang mudah dibaca. Menariknya speedometer ini bisa diatur kedudukan hingga hampir tegak 90 derajat sehingga memudahkan pengendara memantaunya ketika sedang dalam posisi jelajah yang santai.



Handlebar disediakan dua opsi, low rise dan ape hanger. Kontrol panel di ujung kanan-kirinya yang terlihat 'bersih' dari tombol dan untaian kabel menyimpan kecanggihan fitur di baliknya. Selain tombol starter, lampu dan sein, di situ pula pengendara bisa aktifkan sistem throttle ride by wire, pemanas handlegrip, headlamp defogging dan kontrol traksi (mode Road dan Rain).

Tunggangan vintage ini juga bersuara menggelegar seperti Harley Davidson. Suara itu berasal dari mesin Bonneville 1200cc delapan katup SOHC paralel-twin berpendingin cair yang dipadukan dengan gearbox enam percepatan.



Bobber adalah gaya sepeda motor yang ciri utamanya adalah memendekan wheelbase sekaligus menonjolkan (bobbed) fender belakang. Agar fender belakang terlihat menonjol, maka sadelnya dibuat tunggal dan dalam posisi rendah.

Tampilan gaya yang dipopuler sepeda motor militer era Perang Dunia II ini cenderung minimalis. Karena kendaraan militer harus lincah di segala medan, maka bagian yang tidak terlalu penting akan ditiadakan demi memangkas bobotnya.


(LHE)