Juara Mekanik Honda, Siap Tarung di Asia Ocenia

Ekawan Raharja    •    Minggu, 28 Aug 2016 16:36 WIB
kompetisi mekanik
Juara Mekanik Honda, Siap Tarung di Asia Ocenia
Mekanik pemenang kontes mekanik nasional Honda berpeluang mengharumkan nama Indonesia di tingkat Asia Ocenia. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengibarkan nama Indonesia di ajang internasional bisa dilakukan siapa saja. Bahkan seorang mekanik motor pun dapat mengharumkan bendera merah putih melalui kontes mekanik antar negara.

Abdul Muiz (mekanik AHASS Astra Motor Pati), Fadzar Supriyadi (service advisor AHASS Tunas Dwipa Matra Saharjo), dan Mualif Rusdiantoro (Daya Moto Soekarno Hatta) yang jadi pemenang kompetisi mekanik Honda tingkat nasional, bakal wakili Indonesia di tingkat Asia. Ketiganya resmi didaulat jadi pemenang Kompetisi Keterampilan Mekanik dan Service Advisor Honda ke-23.

"Setelah ini dia bisa melanjutkan di Asia Oceania Technical Contest yang diadakan akhir tahun ini di Vietnam. Tapi sebelumnya, dia akan diadu dulu dengan para pemenang kontes mekanik nasional di tahun sebelum-sebelumnya. Karena ajang di tingkat Asia Ocenia terakhir diselenggarakan 2006," terang Senior Manager Technical Training Department Astra Honda Motor, Handy Hariko, melalui keterangan resminya.

Kemampuan mekanik Indonesia di ajang kontes mekanik Asia Ocenia sudah teruji. Tercatat sebelum 2006, Indonesia sudah 3 kali ikut serta, selalu berada di posisi tiga besar, dan bahkan pernah menjadi juara pertama.

"Kita cukup disegani di ajang Asia Oceania, yang terus terang saja kawan-kawan kita di Asia sana itu levelnya S1 sementara kita hanya SMK. Bahkan kita sering dikunjungi untuk dijadikan tujuan studi banding," beber Handy Hariko di Astra Honda Training Center, Sunter, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Perjalanan ketiganya di tingkat nasional tidaklah mudah karena harus mengalahkan 3.752 mekanik pit, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI pada tahap regional. Kemudian dibabak final, mereka bersaing dengan 27 mekanik, 27 service advisor, dan 27 mekanik PDI.

Berbicara kegiatan kontes mekanik, kegiatan ini memang rutin dilakukan oleh beragam agen pemegang merek (APM). Baik APM roda dua dan roda empat menggunakan kegiatan ini untuk menjaga standar pelayanan, khususnya mekanik ketika memperbaiki beragam keluhan kendaraan milik pelanggan.

Daftar Pemenang Kompetisi Keterampilan Mekanik dan Service Advisor Honda ke-23
KATEGORI MEKANIK
JUARA 1: Abdul Muiz (Astra Motor Pati)
JUARA 2: Taufik Hidayat (Bintang Mulia Jaya Lampung Timur)
JUARA 3: Fernando Andre Kusuma (Astra Motor YOgyakarta)
 
KATEGORI SERVICE ADVISOR 
JUARA 1: Fadzar Supriyadi (PT Tunas Dwipa Matra Cabang Saharjo)
JUARA 2: Teguh Santoso (Asli Motor Yogyakarta)
JUARA 3: Syaeful Amri (Jatimas Motor Tegal)
 
KATEGORI MEKANIK PDI
JUARA 1: Mualif Rusdianto (Daya Motor Soekarno Hatta)
JUARA 2: Joko Supriyanto (TDM Antasari)
JUARA 3: Moh. Ali Bahruddin (PT MPM Sukorejo)
(UDA)