EICMA 2017

KTM 790 Duke, Naked Bike Medium Usung Mesin Baru

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 08 Nov 2017 14:02 WIB
ktmeicma
KTM 790 Duke, <i>Naked Bike Medium</i> Usung Mesin Baru
KTM 790 Duke diklaim paling ringan dikelasnya. KTM

Metrotvnews.com: KTM identik dengan mesin silinder tunggal, dan V-twin untuk mesin 800 cc keatas. Tapi mereka akhirnya menghadirkan 790 Duke, dengan mesin yang benar-benar baru, dua silinder segaris.

Mesin ini berkapasitas 799 cc, punya tenaga puncak 105 daya kuda, dan torsi 85,4 Nm. Bobot basahnya yang hanya 189,6 kilogram jelas sangat ringan. KTM ingin membuat motor ini punya power to weight ratio terbaik di kelasnya.

Kemudian soal desain, pabrikan Austria ini menyebutnya dengan The Scalpel, kembaran kecil dari The Beast, yang merupakan julukan untuk naked bike strata tinggi 1290 Super Duke. Desainnya memang sangat mirip.

KTM 790 Duke dilengkapi dengan beragam fitur, lampu utama model LED dan positioning lamp LED, panel instrumen TFT, kontrol traksi, cornering ABS, launch control hingga quickshiffter.

Suspensi handal dari WP dengan diameter 43mm untuk depan dan monosok dibelakang. Sasis motor ini model pipa tralis yang menitik beratkan pada mesin untuk mengurangi bobot motor.

Dipasaran, motor ini akan bersaing dengan Yamaha MT-07 yang juga mengusung mesin dua silinder segaris. Dan dari keseluruhan, bisa juga motor ini disebut yang paling komplit fiturnya.


(UDA)