Safety Riding

Membonceng Perempuan, Haram Gaya Menyamping

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 08 Mar 2018 08:15 WIB
safety riding
Membonceng Perempuan, Haram Gaya Menyamping
Duduk menyamping di jok belakang motor cukup beresiko. Dok. MTVN

Jakarta: Memang terkesan sepele, namun salah satu kebiasaan para wanita saat duduk di jok belakang, adalah duduk dengan posisi menyamping. Dalam beberapa pernyataan pers dari instruktur safety riding, ternyata cara membonceng seperti ini tidaklah aman dan berbahaya.

Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, Asep Wawan menjelaskan, bahwa duduk menyamping memang tidak dilarang dalam undang-undang. Namun posisi ini membahayakan, baik untuk pengendara ataupun penumpang.

"Kalau boncengers duduk menyamping, keseimbangan motor tidak terjaga. Bagi para pengendara yang tidak terbiasa, bisa-bisa jatuh saat berkendara," terang Asep Wawan saat dihubungi melalui telepon, beberapa waktu lalu.

Dia pun memberi contoh, saat berbelok. Jika penumpang tidak stabil dan seimbang, bisa saja saat berbelok ke kanan maka penumpang bisa jatuh karena posisinya tidak seimbang. Sedangkan pengemudi saat berbelok ke kiri bisa jatuh karena kondisi motor berat sebelah.

Berbeda pula jika Anda membonceng buah hati di atas sepeda motor. Hal yang pertama diperhatikan adalah posisi duduk sang anak. Pastikan si anak duduk di jok bagian belakang, bukan di bagian depan karena dapat mengganggu pengendara saat melakukan manuver atau dalam mengendalikan sepeda motor.

Kemudian, perhatikan kelengkapan berkendara si anak. Lengkapi dirinya dengan helm, jaket, dan juga sepatu. Proteksi anak saat dibonceng layaknya pengemudi sepeda motor.

Perhatikan postur badan si anak, perhatikan apakah kaki si anak dapat menyentuh footstep atau tidak. Jika tidak atau masih balita, sampai bisa menggunakan sabuk bonceng agar posisi duduk si anak seimbang saat diajak berkendara.

Tapi patut diketahui, bahwa sepeda motor itu untuk dua orang penumpang. Jika lebih, maka itu akan membuat orang yang berkendara merasa kurang nyaman.


(UDA)