Komponen Aftermarket

Uji Performa Forcemaxx di Yamaha Nmax

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 10 Dec 2017 08:08 WIB
federal oil
Uji Performa Forcemaxx di Yamaha Nmax
Federal Oil Forcemaxx oli khusus skuter dengan kapasitas 1 liter. Dok. JMC

Jakarta: Yamaha Nmax saat ini jadi komoditi baru produsen aftermarket untuk menghadirkan produk khusus. Salah satunya adalah Federal Oil yang menghadirkan Forcemaxx, dengan kapasitas 1 liter.

"Federal Matic Forcemaxx 10W-40 ukuran 1 liter yang mana merupakan oli khusus skuter matik, terutama bagi para pengguna Max series seperti Yamaha NMax," jelas Alvin Dwiyanto, Marcomm and Digital Federal Oil.

Menggunakan Yamaha Nmax lansiran 2015, oli racikan lokal ini kami uji menuju wilayah Maribaya, Bandung bersama Journalist Max Community. Total jarak tempuh nyaris mencapai 400 kilometer pulang-pergi.

Kami sendiri rutin mengganti oli mesin tiap 2.000 kilometer mengingat penggunaan dalam kota yang lebih sering. Usai mengganti dengan oli baru ini, putaran mesin terasa lebih enteng.

Uniknya, akselerasi dan respon mesin semakin terasa enteng usai perjalanan pulang dari Maribaya, dan digunakan untuk dalam kota. Selain itu konsumsi bahan bakar rata-rata untuk dalam kota biasanya 35 km/liter, naik tipis jadi 37,4 km/liter.

Oli ini disebut punya tiga zat unggulan yakni Viscoelastic Molecules untuk meningkatkan kinerja dan akselerasi mesin. Active Moly, menjaga mesin dari gesekan dan hemat bahan bakar. Serta Double Act Cleaner, yang bertugas membersihkan komponen mesin motor dua kali lebih efektif.

Dari beragam oli mesin skutik rata-rata berkapasitas 0,8 liter, dan kini pengguna skuter Maxi Yamaha punya opsi lain selain oli resmi, dengan kapasitas yang sesuai yakni 1 liter. Dengan harga jual Rp50 ribu, oli ini layak dicoba.


(UDA)