Komponen Otomotif

Pentingnya Pelumas Khusus untuk Karakter Berkendara Agresif

Ekawan Raharja    •    Rabu, 16 Jan 2019 15:14 WIB
kawasakikomponen otomotif
Pentingnya Pelumas Khusus untuk Karakter Berkendara Agresif
Kawasaki Genuine Oil dikembangkan Kawasaki bersama Shell Indonesia. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Gaya berkendara setiap bikers punya karakter sendiri-sendiri. Namun untuk kategori motor sport seperti yang dipasok oleh beberapa produsen sepeda motor tipe sport, rata-rata memiliki karakter sedikit agresif hingga agresif. Hal ini pula yang mendasari pentingnya riset pelumas yang sesuai dengan gaya berkendara bikers penggunanya dan karakter motor yang mereka produksi.

Pengembangan pelumas khusus ini pun menjadi keharusan, untuk membuat performa mesin lebih tepat sasaran dan sesuai ekspektasi penggunanya. Alasan inilah yang kemudian membuat banyak pabrikan meriset sendiri pelumas yang sesuai. Termasuk Kawasaki yang tak mau kalah meriset pelumas khusus.

"Pengendara motor yang kami produksi rata-rata masih muda dan suka berkendara dengan rpm (putaran mesin) kadang di atas kadang di bawah. KGO harus bisa mengakomodir kondisi tersebut," ujar Line Head Sparepart Dept PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), Morrit Widyawan, kepada Medcom.id di Como Park Jakarta.

Tentu saja pelumas harus bisa mengakomodir dan melindungi mesin di berbagai kondisi. Termasuk ketiga mesin sedang bekerja keras atau pun bekerja dengan santai di putaran mesin bawah. Apalagi jika mesin dipaksa untuk kebut-kebutan dengan cara stop & go.



Agar semua keinginan pabrikan asal Jepang tersebut terpenuhi, mereka melakukan kemitraan dengan Shell. Hasilnya adalah teknologi Progressive Clean Technology yang diklaim mampu mencegah penggumpalan partikel kotoran yang membentuk endapan di mesin yang hasilnya membuat mesin lebih bertenaga dan responsif, memperhalus suara mesin, mengurangi getaran mesin, serta melindungi mesin.

"KGO ini diperuntukan bagi konsumen Kawasaki yang notabennya sangat selektif. Kami mengembangkan KGO bersama Shell Indonesia karena mereka memiliki nilai brand yang bagus dan dipercaya oleh konsumen kami,"

Saat ini tersedia tiga jenis KGO yakni KGO 4T full synthetic untuk motor berbukasi di atas 250cc, KGO 4T semi syntetic untuk motor kubikasi di bawah 250cc, dan KGO 2T semi synthetic FC untuk motor 2-tak. "kenapa kami masih keluarkan untuk motor 2-tak karena kami tahu penggemar Ninja 150 cc yang 2-tak masih banyak dan tidak kami tinggalkan."

Pengembangan oli khusus dari pabrikan sepeda motor juga lazim dilakukan oleh produsen sepeda motor lainnya. Sebut saja seperti Honda Genuine atau juga Yamalube yang dijual di pasaran dan menjadi oli original Equipment Manufacturing (OEM).


(UDA)