Komponen Aftermarket

Dunlop Recall Sportmax Q3+ karena Cacat Pabrik

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 06 Jun 2017 10:20 WIB
komponen aftermarket
Dunlop <i>Recall</i> Sportmax Q3+ karena Cacat Pabrik
Pabrikan ban juga bisa menarik kembali produk buatannya. Ultimatemotorcycling

Metrotvnews.com: Menarik kembali produk yang sudah beredar (recall) kerap dilakukan pabrikan otomotif. Tak hanya produsen mobil maupun motor, namun recall ini juga dilakukan produsen komponen otomotif. Contoh terbaru adalah produsen ban Dunlop, yang harus menarik produk Sportmax Q3+.

Sumitomo Rubber USA mengumumkan recall ban ini khususnya ukuran 120/70-17. Permasalahannya karena ada cacat pabrik, diduga terdapat kantung udara dibagian pundak (tepi) ban.

Akibat masalah ini, ban akan mempengaruhi pengendalian serta mempengaruhi karakteristik setang motor. Penggunaan terus menerus berpotensi merusak tapak ban, yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Konsumen yang sudah membeli ban dengan ukuran tersebut, akan mendapatkan penggantian ban baru. Konsumen pastinya tidak dikenakan biaya apa pun.

Untungnya ban satu ini tak dijual resmi di Indonesia. Namun ada potensi ban ini justru didatangkan langsung oleh toko ban ternama, dan jika menemukannya sebaiknya dihindari pembelian ban tersebut.

Hingga saat pengumuman tersebut dilakukan Dunlop, belum ada deteksi korban jiwa akibat terjadi kecelakaan. Beruntung masalah ini cepat terdeteksi, sehingga bisa dilakukan penarikan lebih awal.


(UDA)