Motor Baru

Reinkarnasi Kawasaki Z1 Bakal Nongol di 2018

Rifki Rahman    •    Kamis, 06 Jul 2017 15:41 WIB
kawasaki
Reinkarnasi Kawasaki Z1 Bakal Nongol di 2018
Model Z1 yang bakal diluncurkan Kawasaki tahun depan. Autoby

Metrotvnews.com, Jepang: Kawasaki Z1 adalah motor produksi merek yang bermarkas di Minato, Tokyo itu pada tahun 1970-an. Motor ini adalah seri motor sport tertua yang pernah mereka produksi. Motor 4-Tak berkapasitas 900 cc tersebut pernah mendapatkan penghargaan “Machine of The Year” pada 1973-1976.

Menariknya, tahun depan, merek yang pertama kali menelurkan konsep mesin supercharger ini, bakal meneruskan Z-Series miliknya dengan menggunakan model retro yang diberi nama Z900RS.

Konsep motor ini terlhat seperti Kawasaki Z1 yang dibuat lebih modern. Lantaran sudah dilengkapi dengan peranti pendingin radiator, suspensi depan bergaya up-side down berdiameter besar dan velg jari-jari berkelir hitam. Kemudian bagian belakangnya menggunakan peredam kejut model monoshock. Sementara sistem pengeremannya, sudah dikawal dengan teknologi anti-lock braking system (ABS).

Generasi terakhir

Untuk membuat tampilannya lebih menarik, cangkang speedometer serta kaca spion, sengaja diberikan lapisan krom. Sehingga tidak menghilangkan ciri khad Z1 generasi terakhir sebelum disuntik mati.

Bagian yang tak kalah menarik adalah, modern sport retro bike ini akan dipadu pilihan mesin berkapasitas 900 cc berkonfigurasi 4-silinder segaris. Sehingga menepis kabar burung yang beredar, jika motor ini menggendong depot tenaga berteknologi supercharged serupa dengan yang diinstalasi di H2.

Namun, perihal data spesifikasi detailnya, Kawasaki pun belum berani membocorkannya ke ranah publik. Dari pemilihan spesifikasi tersebut terlihat Kawasaki ingin melahirkan kembali Z1 yang Hits pada 1970-an dengan memilih konsep retro dan kapasitas mesin 900 cc. Detail itulah yang bakal ditonjolkan Z900RS untuk menunjukkan korelasi dengan generasi sebelumnya.

Z900RS diprediksi bakal tampil dalam perhelatan Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo (EICMA) di kota Milan, Italia pada November nanti.


(UDA)