Motor Baru

BMW Motorrad HP4 Race, Monster Balap dari Jerman

Ekawan Raharja    •    Kamis, 20 Apr 2017 08:18 WIB
bmw motorrad
BMW Motorrad HP4 Race, Monster Balap dari Jerman
BMW Motorrad HP4 Race dibekali dengan seperangkat fitur canggih dan komponen high performance. BMW Motorrad

Metrotvnews.com: BMW Motorrad akhirnya mulai memproduksi secara massal HP4 Race. Sepeda motor bergaya sport ini siap memacu adrenalin penunggangnya dengan kemampuan performa super.

Menurut paultan, sepeda motor ini didesain dengan memfokuskan diri terhadap kecepatan. Berbeda dengan produk BMW Motorrad lainnya yang lebih mengedepankan fungsional sepeda motor.

HP4 Race dibekali dengan mesin 999 cc DOHC 16-valve 4-silinder. Tenaganya mencapai 215 daya kuda di putaran 13.900 rpm dan torsi 120 Nm di torsi 10.000 rpm, dan disalurkan ke roda belakang melalui gearbox manual 6-percepatan.

Bukan hanya itu, HP4 Race juga dibekali dengan pengaturan elektronik lengkap, termasuk pengaturan traksi kontrol hingga 15 level dan engine braking control. Kemudian ada pula empat pengaturan mode berkendara dan 2D datalogger termasuk lap timing dan GPS.

Engine Control Unit (ECU) juga mengatur pit lane speed limiter, launch control, wheelie conteol, spring travel, hingga sensor rem. Tentu saja semua fitur tersebut mendukung HP4 Race untuk melesat cepat di atas aspal.

Meski motor ini bergaya sport bike full fairing, penunggangnya tidak akan merasa terlalu pegal. Sepeda motor yang di produksi secara home made ini memiliki delapn posisi footrest, dan setang yang bisa diatur. Pengaturan jok, pengaturan steering head dan swing arm, hingga quickshifter bisa disesuaikan.

Di sektor suspensi, garpu Ohlins FGR300 Superbike World Cup Fork dikombinasikan dengan Ohlins SD052 steering damper di depan. Kemudian di belakangnya dipercayakan kepada monoshock Ohlins TTX 36 GP.

Berhubung motor ini dapat melesat cepat, sistem pengereman haruslah mumpuni. Sepasang kaliper Brembo GP4-R dengan bahan piston titanium siap mengawal di depan. Belakangnya di bekali dengan master rem Brembo empat kaliper, dengan piringan cakram berdiameter 220 mm.

Agar semakin melesat cepat, seluruh body, pelek, dan panel dibuat dengan material serat karbon. Khusus untuk tangki bensin dibuat dengan material alumunium yang dapat menampung 17,5 liter bensin.

BMW Motorrad tidak mengumumkan berapa harga HP4 Race. Namun yang pasti monster asal Jerman ini hanya diproduksi 750 unit.


(UDA)