Industri Otomotif

KTM Ingin Pabrik di Gresik Selesai 2018 Mendatang

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 10 Jun 2017 13:25 WIB
ktm
KTM Ingin Pabrik di Gresik Selesai 2018 Mendatang
Harga jual KTM saat ini adalah harga untuk CKD. Dok. KTM

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai pemegang penjualan motor KTM untuk bermesin di bawah 400 cc, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) berniat membangun pabrik perakitan. Lokasi pabrik perakitan tersebut akan berada di Gresik, Jawa Timur.

Hal ini sudah dikatakan sendiri oleh Kristianto Goenadi, President Director PJLM saat kehadiran mereka di GIIAS 2016 lalu. Saat itu mereka merilis harga motor KTM dengan harga jual yang lebih murah, dan mengacu pada harga unit CKD (completely knock down).

Sayangnya pabrik tersebut masih terganjal izin dari pemerintah. "Ya planning di 2018, tapi 2017 ini terkendala di perizinan untuk CKD-nya. Kita dari prinsipal sudah beres, tinggal dari pemerintah saja," katanya usai merilis New Duke 390 dan New Duke 250 di Kemayoran, Jakarta.

Tak mau menunggu lama, Kristianto menyebutkan setidaknya awal 2018 pabrik sudah harus beroperasi. Hal ini karena semua yang berkaitan dengan pabrik dan peralatan untuk merakit motor sudah siap.

"Tempat sudah siap, dari preparation peralatan segala kita sudah ada, jadi 2018 harus beroperasi. Kita target di semester pertama sudah bisa. Karena harga yang kita berikan adalah harga CKD," ujarnya lagi.

Rencananya pabrik KTM itu kelak mampu memproduksi 1.000 hingga 2.000 unit motor tiap bulannya. PJLM sendiri saat ini menjual produk KTM bermesin kurang dari 400 cc, yang didatangkan dari India.


(UDA)