Teknis MotoGP

Pembalap KYT Makin Berkibar di MotoGP

Ahmad Garuda    •    Rabu, 05 Jul 2017 19:55 WIB
perlengkapan berkendara
Pembalap KYT Makin Berkibar di MotoGP
Aleix Espargaro jadi pembalap KYT yang cukup mentereng di balap MotoGP. Aprilia

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa merek komponen balap nasional mulai mentereng di ajang balap motor paling bergengsi dunia, yaitu MotoGP. Bukan hanya sisi teknis, seperti knalpot, namun bagian yang terlihat cukup kasat mata seperti helm pun mulai ramai digunakan para pembalap di semua kelas.

KYT adalah merek helm nasional yang go global dengan program balap mereka di ajang MotoGP. Terdapat pembalap yang menggunakan produk helm nasional tersebut tahun ini. Nama-nama yang cukup tenar adalah Aleix Espargaro di kelas MotoGP, Simone Corsi, Xavier Simeon dan Andrea Locatelli di kelas Moto2. Sementara dua pembalap lainnya adalah Augusto Fernandez di kelas Moto2 dan Manuel Pagliani.

Namun hasil mentereng diraih oleh Espargaro yang mampu menembus posisi finish ke-7 dan Simone Corsi yang finish di urutan ke-4. Hasil ini mengangkat pamor produk nasional tersebut yang selama ini cukup konsisten mendukung pembalap nasional untuk masuk ke ajang balap dunia itu.

"Membalap bukan hanya perkara mesin yang mumpuni saja, tapi juga perlengkapan yang kita gunakan untuk balapan. Salah satu contoh yang paling berpengaruh adalah helm. Bukan hanya harus aman, tapi juga wajib membuat kita nyaman dalam segala kondisi," klaim Espargaro saat diwawancarai Metrotvnews.com di awal-awal Ia jadi duta KYT di balap tersebut.

Ungkapan pembalap asal Spanyol itu ada benarnya juga. Mungkin Anda masih ingat ketika Jorge Lorenzo mengalami masalah besar saat menggunakan helm HJC di MotoGP Qatar 2015 dan MotoGP Inggris 2015. Lapisan inner padding bagian atas helmnya turun di MotoGP Qatar hingga membuat pandangannya terhalangi.

Kemudian masalah kedua saat embun di visor helmnya tak mau pergi ketika balapan dalam kondisi trek basah di MotoGP Inggris. Hal ini membuat pembalap asal Spanyol itu memutuskan untuk ganti ke merek lainnya.


(UDA)