Industri Otomotif

Penjualan Motor Honda Turun 2 Persen Dibanding 2015

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 21 Nov 2016 14:03 WIB
honda
Penjualan Motor Honda Turun 2 Persen Dibanding 2015
Honda tengah fokus penjualan motor sport. AHM

Metrotvnews.com, Jakarta: Penjualan sepeda motor di Indonesia terbilang besar. Buktinya, ada 6,5 juta motor yang terjual sepanjang 2015. Jika dibandingkan, penjualan Honda masih terbanyak. Pencapaian mereka diikuti oleh Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan TVS.

Akan tetapi, penjualan 2015 diyakini tak akan terulang pada 2016. Maklum, kondisi ekonomi di tanah air tidak bergairah pada tahun ini. Hal tersebut membuat pasar otomotif nasional jadi kurang baik.

"Pasar memang lagi turun. Penurunan sekitar sembilan persen. Pasar Honda juga alami penurunan. Namun penurunan Honda paling kecil di antara lainnya. Honda hanya turun dua persen," ungkap Marketing Director PT Astra Honda Motor, Margono Tanuwijaya kepada Metrotvnews.com, Senin (21/11/2016).

Target penjualan Honda sebanyak 4,4 juta unit sampai akhir 2016. Sejak Januari hingga Oktober, mereka sudah berhasil menjual 3,6 juta unit.

Menurut Margono, model skutik masih jadi varian terlaris hingga saat ini. Tapi kondisi itu tak membuat AHM hanya berkutat di pasar skutik. Malah, AHM akan mencoba mengembangkan pasar motor sport yang saat ini masih saling berebut pucuk pimpinan dengan Yamaha.


(HIL)