Recall Motor

Recall Master Rem Brembo Kini Hantam KTM

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 29 Jan 2018 11:11 WIB
ktmrecall motor
<i>Recall</i> Master Rem Brembo Kini Hantam KTM
KTM kini ikut terdampak masalah rem Brembo. Asphalt and Rubber

Washington DC: Recall besar-besaran karena masalah di sistem rem buatan Brembo kini menyasar tiga pabrikan motor besar. Kali ini giliran KTM yang harus melakukan recall produk-produknya.

Dituliskan Asphalt and Rubber, pabrikan asal Austria itu harus menarik kembali 2.361 unit motor. Dari angka tersebut motor yang terdampak ada 1.290 Super Duke R (2015-2018) dan 1290 Super Duka GT (2016-2018).

Seperti diketahui, perusahaan perangkat rem asal Italia ini menemukan masalah pada master rem dengan ukuran 15 mm dan 16 mm. Master rem ini banyak digunakan di motor-motor performa tinggi dan menjadi standar pabrikan (OEM).

Kerusakan di bagian master rem ini karena piston plastik di dalam master rem yang terbuat dari polyphenylene sulphide polymer, kemungkinan retak saat mendapatkan beban berat, hentakan sistem ABS atau benturan saat terjatuh.

KTM akan memanggil konsumen dan melakukan penggantian secara gratis. Hal serupa sebelumnya sudah dilakukan oleh Aprilia, Ducati dan MV Agusta, pabrikan yang juga terkena masalah serupa.

Brembo sendiri mengatakan kasus ini hanya mengenai master rem yang menjadi bawaan motor. Tak ada kasus serupa yang ditemukan pada master rem yang dijual terpisah (aftermarket).


(UDA)