Gesits, Motor Karya Anak Bangsa Uji Jalan Jakarta-Bali

Ekawan Raharja    •    Senin, 07 Nov 2016 14:08 WIB
teknologi otomotif
Gesits, Motor Karya Anak Bangsa Uji Jalan Jakarta-Bali
Sebanyak lima sepeda motor Gesits akan menuju Bali melalui jalur Pantai Utara (Pantura) (MTVN - Ekawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) akhirnya dilepas untuk melakukan uji jalan. Skuter listrik ini akan menempuh jarak Jakarta menuju Bali dengan jarak tempuh sekitar 1.400 kilometer.

Sebanyak lima sepeda motor Gesits akan menuju Bali  melalui jalur Pantai Utara (Pantura). Perjalanan ini diperkirakan akan menempuh waktu selama lima hari perjalanan.

Motor karya anak bangsa ini akan dibekali dengan baterai lithium Ion 5.000 Wh yang diklaim sanggup menjelajah hingga 100 kilometer. Pengisian bisa dilakukan di rumah selama 1,5-4 jam. Bahkan, waktu pengisian hanya akan memakan waktu 30 menit jika menggunakan charger khusus.



Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir, menjelaskan bahwa riset teknologi tidak cukup hanya berhenti di tataran makalah. Namun riset teknologi juga harus sampai ke hilirisasi dan komersialisasi.

"Mudah-mudahan akan menjadi langkah awal produk-produk yang dihasilkan putra-putri Indonesia. Selain itu menjadi kebangkitan iptek Indonesia," ujar Nasir di Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta,  Senin (7/11/2016).

Menurut Menristekdikti, uji coba ini bertujuan untuk menguji kehandalan, ketahanan, dan sisi praktisnya. Dengan begitu diharapkan uji jalan ini dapat memberikan masukan sebelum Gesits masuk masa produksi pada pertengahan 2017.



(HIL)