Lalu Lintas

Kejari Surabaya Bikin Layanan Antar Tilang

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:00 WIB
lalu lintas
Kejari Surabaya Bikin Layanan Antar Tilang
Layanan antar tilang te tumah. Kejari Surabaya

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Jawa Timur, membuat terobosan baru berkaitan dengan denda tilang kendaraan bermotor pada pekan lalu. Program itu adalah layanan antar tilang ke rumah bertajuk 'Si Anti Ribet'.

Seperti dilansir dari situs resmi Kejari Surabaya, program antar ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan pembayaran denda tilang dan SIM/STNK yang disita. Caranya dengan memanfaatkan kemajuan Informasi Teknologi (IT).

Program itu membuat SIM/STNK Anda yang disita petugas akan diantarakan langsung kepada pemilik menggunakan ojek. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai ditambah ongkos kirim yang dibayarkan langsung kepada pengantar.

Layanan Antar Tilang ke Rumah 'Si Anti Ribet' ini tidak gratis. Maklum Kejaksaan tidak memiliki anggaran untuk membayar ongkos ojek. Jadi tambahan biaya ongkos ojek ditanggung oleh pelanggar.

Bagi yang ingin memanfaatkkan program ini cukup SMS atau WhatsApp ke Kejari Surabaya di nomor telepon 08585-1996-000. Bagi yang menggunakan SMS cukup kirim nama pelanggar, nomor tilang dan tanggal sidang. Jika melalui WhatsApp, kirim foto surat tilang yang memperlihatkan nomor tilang, nama pelanggar, pasal yang dilanggar, tanggal sidang, serta nama dan tanda tangan Polantas yang menilang.

Selanjutnya, kirimkan alamat tujuan SIM/STNK Anda. Bila menggunakan SMS, masukkan alamat lengkap rumah Anda. Jika menggunakan WhatsApp kirim foto tilang dan sertakan alamat atau foto identitas.

Andai sudah melakukan cara tersebut, Anda tinggal menunggu jawaban dari petugas. Respons tidak selalu cepat karena ada jeda waktu dan proses mencari dokumen tilang sekaligus melihat besaran denda yang telah dijatuhkan Hakim.

Anda akan mendapatkan beberapa kemudahan dan keuntungan jika menggunakan layanan ini. Setidaknya Anda tak perlu membuang waktu, tenaga, dan uang untuk sidang di pengadilan. 

Bentuk layanan ini sifatnya pilihan. Kejari masih memberikan pelayanan bagi Anda yang ingin tetap urus tilang ke Pengadilan atau verstek di kantor Kejari.


(HIL)