Pelumas Asal AS Siap Bersaing di Pasar Indonesia

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 17 Nov 2016 16:39 WIB
pelumas
Pelumas Asal AS Siap Bersaing di Pasar Indonesia
Lewat tagline World Without Friction, pelumas satu ini menjadikan teknologi molekul C60 sebagai unggulan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang sangat banyak jadi magnet berbagai industri pendukungnya. Tak terkecuali industri pelumas. Di Indonesia, industri tersebut sudah sesak dengan kehadiran berbagai merek.

Kondisi itu menjadi sebuah tantangan untuk Bardahl. Pelumas asal Amerika Serikat yang kembali hadir ke Indonesia. 

"Kami sudah lama masuk ke Indonesia. Tepatnya sejak 40 tahun lalu. Tapi kala itu tidak ada prinsipal resmi. Kini, kami kembali," buka Eric H. Fletcher, CEO & Owner Bardahl Asia Pasific di Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Pasar yang besar dan adanya permintaan yang membengkak jadi salah satu alasan kuat pelumas tersebut kembali ke tanah air. 

"Kami mendirikan regional office di Singapura pada 10 tahun lalu. Indonesia jadi negara pertama di luar Singapura yang dibuka langsung oleh kami,"sambung Eric.

Tidak tanggung-tanggung, seluruh lini produk pelumas di tiap segmen dihadirkan oleh Bardhl. Baik pelumas mobil dan motor, aditif, dan berbagai filter. 



"Kami menghadirkan produk top, medium, sampai racing. Harga sangat kompetitif. Oli motor matik 10w-40 Rp30-Rp35 ribu, bebek 20w-50 Rp30-35 ribu, sport 10w-40 Rp45-50 ribu, racing antara Rp75-Rp100 ribu, sedang mobil spesifikasi API SN Rp350rb empat liter," sambung Syafrian Effendi, Direktur PT Anugerah Lubricant Indonesia, prinsipal Bardahl Indonesia.

Uniknya, meski baru hadir di industri Indonesia, Bardhl tak ada strategi khusus untuk merebut hati konsumen.

"Kami akan mematangkan k3-12 distributor terlebih dulu. Lewat teknologi molekul C60, kami yakin akan dipercaya konsumen," ujar Effendi.

Bardalh bukan pemain baru diindustri pelumas. Mereka sudah ada sejak 1939. Lewat tagline World Without Friction, pelumas satu ini menjadikan teknologi molekul C60 sebagai unggulan. Teknologi ini mampu meresap ke pori-pori mesin dan memberi perlindungan dari gesekan.


(HIL)