Industri Otomotif

Triumph dan Bajaj Kolaborasi Bikin Motor Kelas Menengah

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 09 Aug 2017 12:15 WIB
Triumph dan Bajaj Kolaborasi Bikin Motor Kelas Menengah
Triumph dan Bajaj jalin kerjasama strategis layaknya BMW dan TVS. Asphaltandrubber

Metrotvnews.com: Setelah sukses menggandeng KTM, kini Bajaj mengumumkan informasi penting lainnya. Pabrikan India ini sukses menggandeng Triumph, pabrikan motor asal Inggris menjadi partner global mereka untuk kolaborasi pada motor kelas menengah.

Sampai saat ini detail kesepakatan belum diketahui pasti, namun dipastikan keduanya akan mengembangkan bersama-sama motor kelas menengah model baru, mengingat pasar ini sedang berkembang.

"Kami harap bisa membawa kekuatan kolaborasi ini untuk pasar global, termasuk posisi brand dan persepsi, desain dan pengembangan teknologi, kualitas dan biaya kompetitif serta distirbusi seluruh dunia," kata CEO Triumph Motorcycles, Nick Bloor.

Kolaborasi ini juga bisa membawa Triumph berkembang pesat secara global, dengan memasuki pasar yang punya volume besar, termasuk pasar berkembang. "Bajaj akan memberi akses bagi Triumph untuk memperluas pasar," lanjutnya.

Beda dengan KTM dimana Bajaj juga membeli saham mereka, untuk Triumph murni kerjasama dan tak ada pembelian saham. Kasus ini mirip dengan kolaborasi antara BMW dan TVS.

Kolaborasi antar dua pabrikan motor saat ini sudah tak asing dilakukan. Bahkan Honda dan Yamaha yang merupakan musuh bebuyutan, bersama-sama untuk mengembangkan motor listrik.
(UDA)