Industri Otomotif

Pasar Otomotif di 2019, Diprediksi masih Stagnan

Ekawan Raharja    •    Jumat, 23 Nov 2018 11:38 WIB
industri otomotifyamahahonda motorMaisie Williams
Pasar Otomotif di 2019, Diprediksi masih Stagnan
Pasar sepeda motor di 2019 diprediksi akan stagnan seperti 2018. AHM

Jakarta: Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk sepeda motor. Meski demikian, diprediksi untuk kondisi 2019 tidak akan jauh berbeda dengan kondisi 2018.

Erix Sadikin, Direktur Keuangan PT Astra Honda Motor (AHM), memperkirakan pasar di 2019 tidak jauh berbeda dengan pencapaian sekarang ini. Diperkirakan akan ada sekitar 6,2-6,3 juta unit terjual di 2019.

"Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi penjualan sepeda motor, seperti pergerakan mata uang, pertumbuhan komoditas, dan juga pertumbuhan ekonomi," beber Erix di Workshop Wartawan Industri Astra International di FX Sudirman Jakarta.

Salah satu bos Honda motor ini juga menyinggung mengenai gejolak politik terkait pemilihan presiden (pilpres). Hal ini juga akan mempengaruhi masyarakat menentukan keputusan pembelian barang dengan nilai yang cukup besar.

Cuam dia tidak risau dengan pilpres, dan yakin akan berjalan dengan aman. Hal ini berkaca dengan pemilihan kepala daerah yang dilakukan beberapa waktu lalu dan berjalan aman.

"Seperti Pilkada serentak kemarin yang berjalan lancar, otomatis konsumen juga tidak melakukan penundaan pembelian," tegasnya.

Menilik data Asosisasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), per Oktober 2018 sudah terjual sekitar 5,3 juta unit. Dominasi penjualan masih dikuasai Honda dengan 3,9 juta unit, dan kemudian disusul oleh Yamaha 1,1 juta unit.


(UDA)