Balap Motor

Motor Moto2 Ini Bermesin Triumph dengan Sasis Kalex

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 18 Feb 2018 09:12 WIB
balap motor
Motor Moto2 Ini Bermesin Triumph dengan Sasis Kalex
Kalex paling siap dengan mesin Moto2 Triumph. Asphaltandrubber

Madrid: Musim kompetisi balap 2018, menjadi tahun terakhir motor-motor Moto2 menggunakan mesin berbasis Honda. Mulai tahun depan, Triumph dipercaya jadi pemasok mesin untuk balap yang kastanya di bawah MotoGP ini.

Mulai 2019 mendatang dan selanjutnya, pabrikan motor Inggris itu memasok mesin tiga silinder 765 cc. Mereka pun sudah melakukan riset dan pengetesan ekstensif. Bagian yang menarik dari Moto2, meski mesin yang digunakan sama, sasisnya justru banyak variasi.

Kalex sebagai salah satu penyedia sasis sudah menampilkan motor Moto2 untuk 2019. Sudah pasti motor ini menggunakan mesin dari Triumph. Kalex adalah penyedia rangka yang banyak dipilih oleh pembalap lantaran menghadirkan karakter user friendly dengan ragam konfigurasi. Tak heran jika mereka mendominasi jalannya balap di ajang tersebut.

Secara desain lekuk bodi dan bentuk sasis yang terlihat, rasanya Kalex tak melakukan banyak perubahan, kecuali posisi engine mounting saja. Suspensi Ohlins mengawal dua roda, ban slik Dunlop, rem Brembo dan knalpot Akrapovic.

Perusahaan berbasis di Jerman itu yakin jika sasis yang dimilikinya saat ini masih kompetitif, terlebih dengan mesin baru yang disebut jauh lebih bertenaga dari mesin sebelumnya.

Tentunya akan seru melihat balap kelas Moto2 tahun depan, karena dengan mesin baru otomatis seluruh pembalap memulai riset dari awal lagi, dan saling mengumpulkan data. Tinggal dipadu skill dan insting balap mereka yang akan membuatnya menjadi pemenang.


(UDA)