Industri Otomotif

Ducati Masih Bagian dari Volkswagen Group

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 04 Oct 2017 16:58 WIB
ducati
Ducati Masih Bagian dari Volkswagen Group
Ducati bertahan jadi bagian dari Volkswagen Group. Asphalt and Rubber

Metrotvnews.com: Sempat dikabarkan bakal dijual untuk menyelamatkan keuangan Volkswagen Group yang goyah karena kasus dieselgate, kabar terbaru menyebutkan kalau Ducati dipastikan tetap bertahan di grup mobil asal Jerman itu. Artinya brand motor asal Italia ini masih akan berada di bawah kendali penuh seperti tahun-tahun sebelumnya.

Itu terjadi lantaran rencana tersebut mendapatkan tentangan kuat dari serikat pekerja. CEO Ducati, Claudio Domenicali mengatakan dewan pengawas Volkswagen memutuskan untuk menghentikan proses penjualan.

Audi (bagian Volkswagen Group) yang memiliki saham Ducati sebelumnya sudah menggandeng Evercore Partners Inc. untuk memberikan opsi strategis, termasuk untuk menjual Ducati, meski tak ada penyataan resmi.

Meski dibatalkan, setidaknya sudah ada lima nama peminat brand motor Italia tersebut. Salah satunya adalah keluarga Benetton yang siap mengakuisisi Ducati dari Volkswagen Group senilai 1,5 miliar euro (Rp23,8 triliun).

Selain untuk membantu keuangan perusahaan, dana itu rencananya untuk mengembangkan produk mobil dan truk Volkswagen Group. Apalagi tawaran keluarga Benetton naik hampir dua kal lipat saat Volkswagen Group membeli Ducati 2012 silam dengan nilai 860 juta euro (Rp13,6 triliun).


(UDA)