Teknis MotoGP

Kemenangan Rossi di Assen, Fenomenal Secara Teknis

Ahmad Garuda    •    Jumat, 30 Jun 2017 17:00 WIB
motogp
Kemenangan Rossi di Assen, Fenomenal Secara Teknis
Valentino Rossi kembali menunjukkan skill terbaiknya di ajang balap MotoGP. Dorna MotoGP

Metrotvnews.com, Assen: Sepintas, kemenangan Valentino Rossi memang terlihat biasa saja mungkin bagi sebagian kita yang melihatnya secara kacamata awam. Toh memang Ia pembalap yang fenomenal dan punya teknik balapan hingga skill mumpuni yang tak dimiliki pembalap lain.

Tapi dari kacamata seorang pengamat teknis MotoGP yang juga sudah lama menjadi jurnalis senior di ajang balap tersebut, Mat Oxley, kemenangan Rossi kali ini sangat fenomenal. Terutama jika ditinjau dari sisi teknis saat balapan berlangsung.

Ia menegaskan bahwa turunnya hujan gerimis di beberapa titik di Sirkuit Assen adalah bagian yang membuat kemenangannya sangat fenomenal. Mengingat mayoritas pembalap saat itu sudah melakukan pit stop untuk mengganti motor yang sudah menggunakan ban basah.

"Balapan di trek yang mulai turun gerimis, memang tidak apa-apa untuk sementara waktu. Apalagi jika ban tetap dalam kondisi panas karena grip-nya masih akan dapat. Tapi saat temperatur mulai turun, maka di sinilah tantangan terbesarnya. Sangat sedikit kesempatan bagi pembalap untuk tetap bertahan dalam performa terbaik saat kondisi seperti ini," klaim Oxley.

Oxley menegaskan bahwa sesaat pembalap masih akan percaya diri ketika hujan baru turun. Tapi di tikungan berikutnya mereka tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Bahkan kelima pembalap yang berada di urutan terdepan itu pun takkan bisa memprediksi sampai kapan grip ban depan mereka bisa bertahan. Lantaran permukaan lintasan bakal mirip permukaan es.

"Rossi, Petrucci, Marquez dan lain-lainnya itu takkan pernah tahu seperti apa mereka akan mengakhiri balapan. Marquez bahkan tak berani untuk mempertaruhkan apa yang Ia ingin capai sehingga sempat terlihat mundur ke belakang. Sedangkan Johann Zarco yang berhasil meraih posisi start terdepan pun tak berani ambil risiko untuk tetap menggunakan ban slick di kondisi trek setengah lembab itu."

Di sinilah Oxley melihat keberanian seorang Rossi yang mungkin bisa dibilang sedikit di luar perhitungan. Lantaran Ia tetap memiliki semangat untuk meraih kemenangan dan tidak terpengaruh dengan usianya yang sudha terbilang sangat senior untuk seorang pembalap.

Apakah The Doctor mampu mendulang hasil yang sama baiknya di MotoGP Jerman pekan ini? mengingat Sirkuit Sachsenring juga cukup riskan diguyur hujan dan kondisi trek yang basah setiap tahunnya. Kita lihat saja!


(UDA)