Klub dan Komunitas

Sambut Hari Kesehatan Dunia, Komunitas Motor Bagi-Bagi Masker

Ekawan Raharja    •    Kamis, 13 Apr 2017 18:23 WIB
klub motor
Sambut Hari Kesehatan Dunia, Komunitas Motor Bagi-Bagi Masker
Komunitas dan klub motor bagi-bagi masker kepada bikers di jalan raya.

Metrotvews.com, Jakarta: Beberapa komunitas motor di Jakarta membagi-bagikan masker kepada pengguna sepeda motor di persimpangan Buaran Jakarta Timur. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan DUnia yang jatuh pada 7 April 2017.

Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, dan Vario Owner Medias bekerja sama dengan mobil123.com mengadakan kegiatan Mask for Bikers. Sebanyak 1.000 masker dibagikan secara cuma-cuma, dan diharapkan selalu digunakan setiap berkendara.

Member Journalist N-Max Club, Septian, menjelaskan masker ini dibagi-bagikan kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker. Diharapkan dengan pembagian masker ini membuat para pengendara menjadi terbiasa menggunakan masker dan lebih menjaga kesehatannya.

"Kami merasa terpanggil untuk turut serta dalam aksi sosial ini, karena kami melihat kesadaran pengguna motor dalam mengenakan masker sangat kurang. Tingkat polusi di Ibu Kota sangat tinggi, jika tubuh terus menerus terpapar emisi gas buang kendaraan tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh," jelas Septian Kamis (13/4/2017) melalui pesan singkatnya.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini untuk mengurangi para pengguna sepeda motor terpapar polusi dan terganggu kesehatannya kemudian hari. Efek awal terpapar polusi udara adalah pusing, sesak napas, hingga menimbulkan depresi.

Data dari World Health Organization (WHO) tahun 2015 mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Tiga juta kematian per tahun terjadi akibat terpapar polusi udara, dan 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang. DI Indonesia tercatat 9,1 juta orang menderita depresi, atau sekitar 3,7 persen populasi.

"Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia. Masker sangat bermanfaat bagi pemotor agar terhindar dari polusi saat berangkar ke sekolah, kampus atau tempat kerja," ucap Direktur Mobil123.com, Regia Glamouria, melalui keterangan resminya.


(UDA)