Industri Otomotif

Astra Otopart Tantang SMK Jualan Komponen

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 27 Sep 2017 16:14 WIB
industri otomotif
Astra Otopart Tantang SMK Jualan Komponen
Program ASPIRA-SMK Sales Award 2018. Astra

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebijakan pemerintah dalam rangka revitalisasi kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Komisi Sales Indonesia (Komisi) dan Sales Director Indonesia (SDI) serta oleh didukung Astra Otoparts menggelar program Aspira-SMK Sales Award 2018.

Menurut Penanggung jawab Program, Dedy Budiman, kegiatan ini merupakan kompetensi keahlian pemasaran terbesar yang diadakan serentak di 25 kota di Indonesia. Kegiatan ini diadakan khusus untuk memberikan sarana praktikal langsung bagi siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Pemasaran dalam bentuk kelompok.

Nantinya setiap kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa akan menjadi sarana tenaga penjual. Kompetensi tahap pertama dimulai 1 November-31 Deseber 2017, dengan kriteria penilaian meliputi omset penjualan, presentasi produk, keaktifan dan kratifitas pemanfaatan media osoal dan penilaian langsung dari tim panitia.

Adapun produk yang harus dijual para siswa adalah ban sepeda motor Aspira Premio, baterai/aki kering dan kampas rem cakram dan kampas rem tromol. Selain itu para peserta juga diwajibkan melakukan reporting di App yang telah disediakan panitia. Termasuk meng-uploadfoto aktivitas di Facebook dan instagram dengan memberikan hastag #AspiraSMKSalesAward2018 #SayaJagoSales.

Sementara kompetensi kedua akan dilaksanakan pada 8 Januari-9 Februari 2018 dengn kriteria ommset penjualan, keaktifan dan kratifitas pemanfaatan media osoal dan penilaian langsung dari tim panitia. Kelompok yang terpilih dalam 10 besar/Top Ten berhak maju ke kompetensi tahap ketiga atau babak Grand Final, yang berlangsung dari 17 Ferbuari- 23 Februari 2018.

Kompetesi tahap ketiga adalah merupakan persyaratan utama untuk bisa masuk Grand Final. Nantinya setiap kelompok diharuskan mengirinkan video presentasi singkattestimoy berdurasi 10 menit mengenai pengalaman mereka di lapangan. Kemudian video akan diupload dan akan dierikan link oleh panitia guna mempromosikan agar mendapat like dari penonton. Top 10 Finalis bakal melakukan live presentation pada Grand Final 1 Maret 2018, untuk memperebutkan hadial total senilai Rp40 jura

"Melalui program ini kami ingin memberikan kesempatan bagi siwa SMK dengan kompetensi kehalian pemasaran untuk merasakan langsung dunia kerja," kata Budi saat berbincang dengan Metrotvnews, di Kemendikbud, Jakarta Pusat, Rabu (27/9/2017).  


(UDA)