Kendaraan Listrik

Aero E-Racer, Scrambler Keren Bermesin Listrik

Ekawan Raharja    •    Rabu, 26 Jul 2017 18:19 WIB
sepeda motor listrik
Aero E-Racer, Scrambler Keren Bermesin Listrik
Purwarupa Aero E-Racer pertama kali diperkenalkan dalam EICMA Milan 2016. luxatic/inmot

Metrotvnews.com: Trend scrambler juga menjangkiti sepeda motor listrik konsep. Di antaranya adalah Aero E-Racer yang sepertinya merupakan scramber bermesin listrik terkeren yang pernah ada. Pembuatannya melibatkan perusahaan majalah.

Aero E-Racer adalah hasil kolaborasi Aero Motorcycles dan majalah motor Italia InMot. Tim juga melibatkan Tacita yang mencatatkan reputasinya dengan T-Race Diabolika. Sasis sepeda motor listrik pertama dalam Dakkar Rally itu juga menjadi basis Aero E-Racer.



Hasilnya adalah scrambler yang memadukan efisiensi mesin listrik dengan daya tahan dan kemampuan melaju di medan light offroad. Rangka tubularnya yang berbahan almunium dibalut bodi kevlar dan serat karbon.



Sadel panjang ala motorcross dibalut kulit lembut yang berkesan klasik. Sangat kontras dengan kokpitnya yang futuristik. Lihat saja speedometer yang berupa smartphone, dua headlamp LED unik yang berpendar biru dengan action-cam GoPro Hero Session di atasnya.



Mesin induksi tiga fasa asinkron listrik yang menjadi diusungnya menjanjikan tenaga hingga 34 data kuda. Gearbox lima kecepatan, cakram depan 300mm dan lingkar roda 19 tampil serasi dengan fork Ohlins upside-down.

Bila baterai 10,6 kWh terisi penuh, Aero E-Racer mampu melaju nonstop dalam kecepatan kontans 80 kilometer per jam hingga sejauh lebih dari 160 kilometer. Sedangkan lama pengisian baterenya dari kapasitas 20 persen hingga 100 persen butuh waktu hampir lima jam.

 
(LHE)