Motor Baru

PCX Hybrid, Skuter 'Kekinian' Berbanderol Rp40 Jutaan

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 20 Apr 2018 07:59 WIB
honda motor
PCX Hybrid, Skuter 'Kekinian' Berbanderol Rp40 Jutaan
Petinggi AHM membuka penutup PCX Hybrid. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Setelah pertama kali muncul di Tokyo Motor Show 2017 lalu, kini Honda PCX Hybrid sudah berada di Indonesia dan langsung dikenalkan kemarin, 19 April 2019 di JIEXpo, Kemayoran. Motor ini pun sudah bisa dipesan konsumen.

Tak tanggung-tanggung, skutik hybrid pertama di dunia ini akan dirakit di pabrik motor Honda di Sunter, Jakarta Utara. Dengan teknologi tinggi ini, motor tersebut juga menawarkan konsumsi bahan bakar yang semakin efisien.

"Target pengambangan mesin adalah menghasilkan sistem hybrid yang ringkas tanpa mengubah struktur mesin aslinya. Dengan sistem ini performa motor juga menjadi lebih baik," terang Jumpei Omori, Large Project Leader PCX Hybrid.

Sistem hybrid di motor ini menyatu dengan ACG Starter dengan dukungan komponen lain, seperti baterai lithium ion, junction unit, down regulator, lead baterai dan PCU sebagai otaknya. Sistem hybrid ini akan membantu kerja mesin saat berakselerasi.

Cara kerjanya pun unik, sistem hybrid akan membantu mesin saat kita membuka gas dan tenaga akan tersalur tiga detik saja. Jika lewat tiga detik, buka gas lagi untuk dapat tambahan daya lagi. Pada S Mode, hal ini bisa dilakukan 20 kali, pada D Mode bisa 25 kali.

Bisa dikatakan sistem hybrid ini punya manfaat yang mirip dengan teknologi KERS (kinetik energy recovery system) yang membantu mobil Formula 1 berakselerasi. Jelas beda dengan sistem hybrid pada mobil penumpang biasa.

Jika pada mobil penumpang biasa, sistem hybrid dilengkapi motor listrik khusus untuk menggerakkan mobil dari posisi diam hingga kecepatan tertentu, baru mesin bakar hidup dan menggerakkan momotor ini.

"Kehadiran PCX Hybrid ini karena kami melihat ada segmen yang ingin punya motor berteknologi tinggi. Untuk kandungan lokal sudah mencapai 95 persen," kata Thomas Wijaya, Marketing Director AHM dikesempatan yang sama.

Sebagai identitas versi hybrid, Honda memberikan warna khusus hybrid blue, emblem hybrid, desain panel meter yang mampu tampilkan indikator baterai, tuas pemilihan mode berkendara, serta smart key warna biru.

Sementara basis mesin yang digunakan tetap sama, 150 cc, SOHC dengan eSP, pendingin cairan. Dengan teknologi yang ditawarkan, AHM mengatakan kisaran harganya ada diangka Rp40 jutaan, dan mulai distribusi awal semester kedua 2018 nanti.


(UDA)