Kelistrikan Motor

Switcher Lampu Motor Panas, Waspada Konektor Meleleh

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 27 Sep 2018 10:49 WIB
tips knowledge
Switcher Lampu Motor Panas, Waspada Konektor Meleleh
Switcher pada motor panas bisa dikarenakan konektor di dalamnya tidak terpasang dengan baik. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Beberapa hari lalu, kami menemui kasus switcher lampu pada motor terasa panas berlebih. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, tim redaksi medcom.id coba menanyakan kepada salah satu ahlinya.

External Training Development PT Daya Adicipta Motora, Ahmad Rustandi, menjelaskan bahwa switcher yang panas bisa disebabkan karena konektor yang ada di dalamnya tidak terpasang dengan baik. Hal ini mengakibatkan arus listrik tidak berjalan dengan baik sehingga panas berlebih pun terjadi.

"Biasanya konektor di dalamnya yang tidak kencang. Cukup dikencangkan aja posisinya, sudah kembali baik lagi dan tidak panas," jelas pria yang akrab disapa Aru, beberapa waktu lalu.

Lebih jauh dia menjelaskan meski kondisi tersebut terkesan sepele, namun ada baiknya jika segera melakukan perbaikan dan jangan sampai diabaikan pada kerusakan yang kecil.

Menurutnya jika dibiarkan terlalu lama, maka akan merusak konektor dan kelistrikan dalam motor. Beberapa bagian yang terkena efek panas dapat meleleh dan sudah jelas akan membahayakan kondisi pengendara motor.

Jadi mulai sekarang jangan pernah sepelekan kondisi yang tidak normal pada sepeda motor Anda. Lakukan perawatan berkala akan mencegah kerusakan yang lebih parah. 


(UDA)