Tematis Busi (Bag. 1)

Mengenal Fungsi Busi, Kecil Tapi Vital

   •    Rabu, 31 Aug 2016 10:36 WIB
komponen otomotif
Mengenal Fungsi Busi, Kecil Tapi Vital
Memahami fungsi busi yang cenderung disepelekan. NGK

Metrotvnews.com, Jakarta: Kinerja sebuah mesin ditentukan oleh 3 hal besar. Yaitu campuran bahan bakar dan udara yang baik, kemudian kompresi mesin yang juga ideal, dan terakhir adalah produksi percikan api yang bagus. Khusus untuk percikan api yang diproduksi dari busi, menarik untuk disimak. Lantaran komponen kecil ini sangat sering diabaikan, padahal fungsinya sangat vital.

Perlu diketahui bahwa busi berfungsi sebagai pemantik bunga api dalam ruang bakar mesin. Tujuannya untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, agar piston bisa bergerak sesuai dengan perintah ledakan bahan bakar setelah terkena bunga api tadi.

"Peran busi di mesin, memang sering diabaikan. Busi mengalami masalah seperti tak lagi mampu memantikkan api dengan baik, maka kinerja mesin bakal menurun. Dari sisi teknis, fungsinya untuk membakar bahan bakar yang sudah tercampur dengan udara, tidak sempurna. Sehingga titik ledak api yang diinginkan tidak timbul di ruang bakar. Akibatnya terjadi kekosongan dan mesin tak lagi bekerja optimal," papar GM Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia, Agus Tan.

Kepala busi yang hancur karena biasanya mesin over torsi

Fungsi sebagai pemantik api, resikonya jelas akan jadi pusat panas. Tak heran jika pemanasan dalam ruang bakar mesin, suhunya bisa mencapai 2.000 hingga 2.500 derajat celcius. Proses pembakaran juga terjadi dari lontaran tegangan sebesar 20 ribu - 30 ribu volt.

"Makanya komponen yang digunakan untuk membuat busi juga harus tahan panas dan tegangan dengan voltase besar. Selain harus tahan panas, juga harus tahan terhadap penurunan temperatur yang ekstrim saat bahan bakar dan udara mulai dicampur. Karena ini akan berlaku berulang-ulang."

Busi yang masih berfungsi dengan baik, bunga apinya masih bagus

Jika pekerjaan busi mampu berjalan dengan baik, artinya masalah pada ruang bakar bisa diminimalisir. Membiarkan kondisi busi yang sudah tak sempurna memantikkan bunga api, maka ini akan jadi masalah dalam jangka panjang. Terutama yang berhubungan dengan piston dan blok silinder.

Adapun ciri-ciri untuk mengenali bahwa fungsi busi sudah tak baik, biasanya terdapat ledakan campuran udara dan bahan bakar yang keluar dari knalpot. Ledakan ini biasanya berulang, saat mesin deselerasi ataupun saat berakselerasi.


(UDA)