Xabre Mulai Diekspor ke Filipina dan Vietnam

   •    Jumat, 26 Aug 2016 15:17 WIB
industri otomotif
Xabre Mulai Diekspor ke Filipina dan Vietnam
Yamaha Xabre sudah mulai diekspor ke Filipina dan VIetnam. YIMM

Metrotvnews.com, Jakarta: Memperkuat pasar ekspor, menjadi langkah strategis mudah yang dilakukan oleh industri otomotif nasional, untuk tetap membuat angka penjualan mereka tetap baik. Lantaran permintaan dalam negeri yang merosot, membuat stok banyak menganggur. Hal ini tak hanya dilakukan oleh industri otomotif roda empat saja (mobil), namun juga industri sepeda motor.

Yamaha adalah salah satu APM yang komitmen di pasar ekspor. Mengingat beberapa model yang mereka produksi, memang hanya terdapat di Indonesia. Meski ada perubahan pada kapasitas cc dan sedikit personalisasi agar sesuai dengan permintaan pasar yang dituju, namun ini tak menjadi masalah besar.

Setelah R25, MT25 dan NMAX diekspor secara global, MX King laris manis di kawasan Asia, sekarang giliran Xabre yang merambah pasar luar negeri. Lansiran data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bulan Juli 2016 pabrikan sepeda motor Yamaha mulai mengekspor Yamaha Xabre. Jumlah ekspor Xabre untuk pertama kalinya tercatat sebanyak 100 unit. Filipina dan Vietnam menjadi negara yang berminat terhadap naked bike ini.

Sejak pertama kali diperkenalkan langsung oleh legenda MotoGP, Valentino Rossi, Januari silam di Bali, motor sport 150 cc ini sudah terjual 16.973 unit di pasar domestik. Penjualannya juga menunjukkan tren positif hingga Juli 2016.

“Juli kemarin pertama kali Xabre diekspor ke Vietnam dan Filipina dengan nama TFX150. Ini menunjukkan bahwa sepeda motor produksi produksi nasional punya kualitas yang baik dan diakui negara lain. Untuk alasan Filipina dan Vietnam impor Xabre dari Indonesia karena kapasitas produksi, kualitas dan ongkos produksi yang bersaing. Dalam sejarahnya kami juga sudah mengekspor model yang lain ke kedua negara tersebut dengan lancar,” pungkas Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur.


(UDA)