Dakar Rally 2019

Walkner Menangi Etape-8, Harapan Honda Pupus di 2019

Ahmad Garuda    •    Rabu, 16 Jan 2019 12:06 WIB
balap motoryamahaktmhonda motordakar rally
Walkner Menangi Etape-8, Harapan Honda Pupus di 2019
Matthias Walkner agresif meraih kemenangan di etape-8 Dakar Rally 2019. RedBull

Peru: Ambisi Honda Racing meraih kemenangan dan meruntuhkan dominasi para pereli KTM di Dakar Rally 2019, kini bisa dibilang peluangnya sangat kecil. Setelah keluarnya Joan Barreda Bort lalu Paulo Goncalves, Ricky Brabec yang sempat jadi harapan malah keluar di etape-8 yang berlangsung pada Selasa (15/1/2019).

Perjalanan yang ditempuh para pereli dari San Juan de Marcona ke Pisco sejauh 575 km tersebut, memang sarat akan debu dan tantangan yang berat dari sisi skill berkendara. Meski dari sisi navigasi terkesan tak terlalu berat, namun ini ternyata membuat Brabec tak berkutik.

Sebaliknya, pereli tim KTM yaitu Matthias Walkner, justru berhasil kembali meraih kemenangan terbaiknya. Ia unggul tipis dari Pablo Quintanilla yang mengendarai Husqvarna dan harus rela mengangkat posisi Toby Price jadi pereli tercepat di klasemen teratas.



"Setelah melakukan pengisian bahan bakar di check point, Price menyusul saya dengan cepat. Saya sudah memaksa tampil agresif namun tetap tidak bisa meninggalkan lawan lebih jauh lagi. Trek ini sangat unik, karena banyak batu-batu dan membuat kami harus berkendara secara hati-hati. Tapi ini menjadi kesempatan terbesar kami meraih hasil terbaik," klaim Walkner.

Satu-satunya harapan Honda Racing di ajang balap terganas dunia ini hanya ada Kevin Benavides. Namun performa buruknya di etape-8, tak mengubah posisinya jadi lebih baik di klasemen sementara. Padahal potensinya untuk jadi jawara bagi Honda cukup besar setelah ketiga rekan setimnya mengalami masalah besar dan harus menarik diri dari balapan ini.

Sementara Yamaha melalui Adrien va Beveren masih punya kesempatan besar untuk meraih hasil terbaik. Mengingat selisih waktu tercepatnya di klasemen sementara hanya terpaut 9 menit saja dari Price yang memimpin klasemen pereli.

Hasil etape-8 Dakar Rally 2019:
1. Matthias Walkner, KTM, 3h 55m 25s
2. Pablo Quintanilla, Husqvarna +45s
3. Toby Price, KTM +1m 13s
4. Andrew Short, Husqvarna +9m 51s
5. Adrien van Beveren, Yamaha +11m 48s

Klasemen sementara Dakar Rally 2019:
1. Toby Price, KTM     28h 53m 08s
2. Pablo Quintanilla, Husqvarna +1m 03s
3. Matthias Walkner, KTM +6m 35s
4. Sam Sunderland, KTM +6m 38s
5. Adrien van Beveren, Yamaha, +9m 54s


(UDA)