Mengenal RC16, Andalan KTM di MotoGP

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Sep 2016 11:33 WIB
motogp
Mengenal RC16, Andalan KTM di MotoGP
Tunggu aksi RC16 di MotoGP Valencia. KTM

Metrotvnews.com: KTM mulai musim depan akan resmi ikuti balap MotoGP dengan RC16. Motor ini pun sudah mengikuti serangkaian uji coba dan melakukan demo lap di seri MotoGP Austria beberapa waktu lalu.

Tunggangan ini diklaim punya keluaran tenaga mencapai 250 daya kuda, dengan putaran mesin tertinggi 19.000 rpm. Angka itu bisa dibuat lebih besar 10 persen hingga 260 sampai 275 daya kuda seperti dituliskan Asphaltandrubber.

Jika angka tersebut akurat, itu adalah putaran mesin tertinggi. MotoGP sendiri mengadopsi besaran piston 81 mm untuk membatasi putaran mesin, setelah pabrikan menolak pembatasan putaran mesin secara langsung.

Mesin konvensional tak mampu mencapai 16.000 rpm karena akan memuat piston dan connecting rod jadi stres. Menurut data, mesin MotoGP Ducati mampu berkitir hingga 18.000 rpm, Honda 17.750 rpm, Yamaha 17.250 rpm. Jika benar maka mesin KTM akan berputar paling tinggi.

Konfigurasi mesin V4 90 derajat dengan dua buah piston. Mesin ini terus dikembangkan khususnya terhadap sistem elektronik. "Pengapian tak hanya soal teknis pembakaran, ada banyak pekerjaan didalamnya dan bisa bekerja banyak disini," papar KTM Technical Director, Sebastian Risse.

KTM membuka motornya tanpa ragu, dan yang berbeda dari kebanyakan adalah suspensi dan sasis. Suspensi menggunakan WP dimana pabrikan lain percaya dengan Ohlins. Dan RC16 motor dengan sasis tubular steel frame, saat yang lainnya pakai alumunium beam frame.

Apakah ini akan menyulitkan KTM bersaing nantinya? Tentu semua tergantung perkembangan di trek. Ingat, Ducati dulu mengganti trellis frame ke carbon fiber frameless dan saat ini berubah ke alumunium beam frame dan mereka saat ini tampil kompetitif.

"Kami harus mengecek kinerja sasis tubular ini. Jika sasis ini tak bekerja dengan baik, kami akan sangat kesulitan tentunya. Saya lebih suka motor yang mudah dijinakkan ditikungan ketimbang kencang tapi sudah dikendalikan," papar calon pembalap KTM RC16, Pol Espargaro.

Kita lihat pada seri Valencia mendatang, saat Mika Kalio yang juga test rider KTM akan turun balap sebagai wild card.


(UDA)