Aksesoris Otomotif

Kaca Helm Kini Punya Wiper Khusus

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 29 May 2017 17:40 WIB
aksesoris otomotif
Kaca Helm Kini Punya Wiper Khusus
Wiper kaca helm ini juga sediakan kamera video dan nosel penyemprot air untuk pelengkap. Autoevolution

Metrotvnews.com: Anda pasti tahukan fungsi dari wiper pada mobil? Ya alat ini berfungsi menyapu air kala hujan atau membersihkan kaca, agar pandangan lebih jelas dan pengemudi tetap bisa fokus berkendara.

Uniknya sebuah perusahaan asal Inggris merilis wiper tapi untuk pengguna sepeda motor. Prototype wiper yang disebut Rain Pal ini sukses diuji coba dan kini telah diproduksi massal.

Rain Pal bisa dipasangkan pada helm jenis apa pun, karena terpasang dibagian luar kaca helm. Alat ini dilengkapi perekat yang kuat, dan terpasang di bagian atas kaca helm, yang dilengkapi pula dengan penjepit.

Meski begitu ada batasan kecepatan yang diperbolehkan, yakni hingga 160 kilometer per jam. Batasan kecepatan ini tak hanya untuk mencegah Rain Pal terlepas, namun juga memastikan fungsinya tetap optimal.

Sumber tenaganya berasal dari baterai 5.000 mAh. Alat ini bisa diaktikan dengan menekan tombol langsung pada alatnya, atau lewat tombol ekstra pada setang motor yang terkoneksi lewat bluetooth.

Berbeda dengan wiper mobil yang bergerak pada satu poros, alat ini justru bergerak seluruhnya dari pangkal wiper. Keuntungannya adalah bidang yang bisa dijangkau wiper akan lebih luas.

Alat ini pun dijual secara online, dengan harga 100 dollar, atau sekitar Rp1,3 jutaan saja. Uniknya Rain Pal juga disediakan paket pelengkap berupa kamera video atau nosel penyemprot air.


(UDA)